*Rangkaian HUT RI ke-75

Ziarah - Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi dan Wabup Tgk H Husaini A Wahab bersama Forkopimda melakukan ziarah makam pahlawan nasional Laksamana Keumala Hayati di Gampong Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Minggu (16/8/2020). Foto Humas Pemkab Aceh Besar
LAMURIONLINE.COM I MESJID RAYA - Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali bersama Wabup Tgk H Husaini A Wahab dan Forkopimda menziarahi makam pahlawan nasional Laksamana Keumala Hayati di Gampong Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Minggu pagi (16/8). Kegiatan itu merupakan rangkaian HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Hadir dalam kesempatan itu, unsur OPD, Kakankemenag Aceh Besar H Abrar Zym, Muspika Mesjid Raya, dan tokoh-tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Bupati dan Forkopimda berdoa dan menabur bunga di makam tokoh wanita pahlawan pemberani tersebut. 

"Jasa dan perjuangan para pahlawan kita tersebut harus selalu kita kenang dan teladani," ungkap Ir Mawardi Ali.









Laksamana Keumala Hayati ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh Pemerintah Republik Indonesia sejak tahun 2017 lalu.

Di masa hidupnya, Laksamana Keumala Hayati dikenal sebagai wanita yang menjadi Panglima Angkatan Laut, Kadis Rahasia Kerajaan, dan Protokol Istana masa kerajaan Aceh dipimpin oleh Sultan Saidil Mukamil Alauddin Riayatsyah (1588-1604). Beliau juga menghimpun para janda untuk melawan Portugis dan Belanda. Selanjutnya, para janda itu mendirikan sebuah benteng yang diberi nama Benteng Inong Balee. (mariadi/rel)
SHARE :
 
Top