Loading...

lamurionline.com -- Kuta Malaka : Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr H Syahrul Yasin Limpo SH MSi MH melakukan Panen Raya Sektor pertanian di Kabupaten Aceh Besar yang selama ini berhasil mencapai surplus padi, sehingga memberi kontribusi positif dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional. “Prestasi ini harus terus ditingkatkan. Terima kasih petani, PPL, Pemkab, dan semua pihak yang memajukan sektor pertanian,” ungkap Mentan pada panen raya di persawahan Gampong Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Rabu (30/9/2020).

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali, Wabup Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab, Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT, Forkopimda Aceh dan Aceh Besar, anggota DPR RI asal Aceh HM Salim Fakhri, para kepala OPD, KTNA, PPL, petani, dan tokoh-tokoh masyarakat.

Mentan menyatakan, sektor pertanian terbukti sangat kokoh di saat Covid-19 yang melanda berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. “Terima kasih para petani dan PPL yang sudah berkarya untuk bangsa ini,” kata Syahrul Yasin Limpo yang pernah dua periode menjadi Gubernur Sulawesi Selatan ini.


Secara terbuka, Mentan mendorong kemajuan sektor pertanian di Provinsi Aceh. Untuk itu, ia mengaku akan selalu membantu dan memotivasi demi kemajuan sektor pertanian.

Ia melanjutkan, untuk kemajuan pertanian, dibutuhkan kekompakan, keseriusan, dan ketulusan semua pihak. Sebab, alam Provinsi Aceh sangat mendukung dan subur.

Menurut Mentan, banyak cara memanfaatkan dan memaksimalkan lahan, antara lain bisa menanam berbagai tanaman dan sayuran di pekarangan rumah, sehingga tak ada lagi lahan tidur.

Sementara itu, Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali mengemukakan, hasil panen musim tanam gadu tahun 2020 sangat baik, bahkan mencapai 7,2 ton per hektare. “Luas tanam seluruhnya mencapai 8 ribu hektare. Terima kasih petani. Anda semua merupakan pahlawan di tengah pandemi seperti sekarang,” ujar Bupati Mawardi Ali.

Di hadapan Mentan, Bupati Aceh Besar menambahkan, sektor pertanian merupakan andalan dan prioritas. Oleh sebab itu, pihaknya bakal selalu komit untuk pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat.
Ia berharap, Mentan akan selalu membantu kemajuan sektor tani di kabupaten itu.

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menambahkan, pembangunan sektor pertanian di Aceh setiap tahunnya menjadi primadona. Pihaknya juga akan terus melanjutkan Gerakan Mandiri Pangan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani.

Dengan keberhasilan panen raya tersebut diharapkan memotivasi keberhasilan di masa-masa berikutnya.

Anggota DPR RI M Salim Fakhri mengatakan, pihaknya akan selalu konsisten membantu kemajuan sektor pertanian di Aceh. Karena, pertanian merupakan andalan rakyat Aceh.

Keuchik Tumbo Baro H Khalid Wardana sangat bahagia atas panen raya dan kunjungan Mentan dan rombongan ke gampong yang dua tahun lalu menjadi gampong terbaik tingkat Provinsi Aceh. “Kami semua mendoakan agar panen raya ini membawa keberkahan bagi kita semua,” ucap Khalid Wardana.

Dalam kunjungannya ke Aceh Besar, Mentan dan rombongan juga meninjau pasar hewan Sibreh Kecamatan Sukamakmur.

Mentan juga menyerahkan berbagai bantuan untuk Provinsi Aceh, termasuk Rp 273 M untuk kemajuan sektor pertanian, 1.000 ekor sapi lokal, dan perluasan sawah seluas 50 ribu hektare.

Red : CM

Foto : PA

SHARE :
 
Top