lamurionline.com -- Kota Jantho : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menerima 5.080 dosis vaksin virus Covid-19 buatan Sinovac dari Pemerintah. Penyambutan vaksin sinovac itu dilakukan di Dinas Kesehatan Aceh Besar di Kota Jantho, Rabu (13/1/2021) siang.



Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali, Kajari Aceh Besar Rajendra D Wiritanaya SH, Kapolres Aceh Besar AKBP Riki Kurniawan SIK MSi, Plt Sekda Aceh Besar Abdullah SSos, Asisten III Setdakab Aceh Besar Jamaluddin SSos MM, Kadis Kesehatan Aceh Besar Anita SKM MKes, dan Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar Muhajir SSTP MPA, serta sejumlah pejabat terkait lainnya.

Kepada wartawan, Bupati Mawardi Ali mengungkapkan, vaksin itu selanjutnya akan disimpan di instalasi farmasi Dinkes Aceh Besar. "Vaksin ini akan kita prioritaskan untuk Nakes terlebih dahulu. Jadwalnya akan kita atur kembali," katanya.




Kedatangan 5.080 dosis vaksin sinovac ke Dinkes Aceh Besar pada pukul 15.25 Wib itu dikawal ketat oleh TNI dan Polri sejak dari Dinkes Provisi Aceh di Banda Aceh hingga ke Kota Jantho. “Sebelum jadwal penyuntikan vaksin akan dijaga oleh pihak keamanan,” jelas Mawardi Ali, didampingi Anita SKM MKes, Kadinkes Aceh Besar.

Bupati Aceh Besar menambahkan, untuk tingkat pusat, Presiden Jokowi juga sudah disuntik vaksin tersebut, Rabu (13/1/2021) pagi yang telah disiarkan secara langsung diberbagai media.

Seperti diberitakan sebelumnya, untuk vaksinasi COVID-19 gelombang pertama ini akan diprioritaskan kepada tenaga kesehatan yang menangani langsung pasien-pasien terkait wabah virus yang menyerang paru-paru manusia itu.  

Kadis Kesehatan Provinsi Aceh, dr Hanif mengatakan vaksinasi di Aceh diprioritaskan untuk tenaga kesehatan Provinsi, Kota Banda Aceh, serta Aceh Besar. Selain itu, ada 30 pejabat yang bakal disuntik pertama kali untuk memastikan keamanan vaksin pada 15 Januari 2021. "Prioritas vaksin untuk petugas kesehatan, ditambah para pejabat yang menerima simbolis, yaitu 10 orang dari provinsi, 10 pejabat Banda Aceh dan 10 pejabat di Aceh Besar," jelas Hanif, Rabu (13/1/2021).

Dikatakannya, saat ini Pemprov Aceh sudah menerima 27.880 dosis vaksin Corona yang dikirim dalam dua kali pengiriman. Vaksin yang diterima semua merupakan vaksin Sinovac. "Untuk tahap pertama kita vaksin untuk tenaga kesehatan di dua daerah. Sedangkan 21 kabupaten/kota lain akan divaksin tanggal 15 Februari mendatang," ujar Hanif. (**)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top