lamurionline.com -- Kota Jantho : Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Aceh DR H Iqbal Muhammad SAg MA dan Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali, melakukan launching Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) di Kota Jantho, Rabu (3/2/2021).

FOTO/ CEK MAN : Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh DR H Iqbal Muhammad SAg MA dan Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali, melakukan pemotongan pita dan launching Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) di Kota Jantho, Rabu (3/2/2021).


Dalam sambutannya Kakanwil Kemenag Aceh DR Iqbal menyampaikan bahwa Kementerian Agama RI melalui sumber dana SBSN membangun dua gedung PLHUT di Aceh pada tahun 2020 yang berlokasi di Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Aceh Singkil. 

Kehadiran PLHUT bertujuan untuk mempermudah, memperlancar dan mempersingkat pelayanan bagi calon jamaah haji secara lebih maksimal. “PLHUT akan diberikan pelayanan secara terintegrasi terutama antara Kemenag, Perbankan dan instansi terkait,” tutur DR Iqbal.

Lebih lanjut, Kakanwil Kemenag Aceh menegaskan bahwa sumber dana SBSN tidak hanya untuk membangun gedung pelayanan haji, tetapi juga gedung Madrasah dan Kantor Urusan Agama.  Untuk itu di minta kepada Kankemenag Kabupaten/kota berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk menyiapkan dan menghibahkan lahan untuk pembangunan gedung SBSN. 

Sementara itu, Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali pada kesempatan itu, memberikan apresiasi yang luar biasa atas pembangunan gedung PLHUT di Kota Jantho, sehingga ibukota Aceh Besar akan lebih maju, apalagi Kota Jantho akan menjadi kota masa depan dengan koneksi Pembangunan Jalan Tol, Jalan Jantho-Lamno dan Jalan Jantho-Keumala.

Dengan demikian, Bupati Aceh Besar mengharapkan kepada Kakanwil Kemenag Aceh untuk membangun Madrasah Terpadu/MAN Cendekia di Kota Jantho. 

Pemkab Aceh Besae siap menghibahkan lahan sesuai yang di butuhkan. Apalagi beberapa perguruan Tinggi telah melakukan perencanaan pembangunan kampus di Kota Jantho antara lain ISBI Aceh dan IPDN.

Kakankemenag Aceh Besar H Abrar Zym SAg MH di dampingi Kasubbag Tata Usaha H Khalid Wardana SAg MSi menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Bupati Aceh Besar yang telah melakukan hibah tanah untuk kementerian agama sehingga telah di bangun gedung PLHUT. Dalam minggu ini Bupati juga telah menghibah enam lokasi tanah Kantor Urusan Agama (KUA) di Kecamatan Ingin Jaya, Indrapuri, Kuta Cot Glie, Pulo Aceh, Blang Bintang dan Kuta Malaka, sehingga dapat di usulkan untuk proses pembangunan gedung baru.

Turut hadir pada acara peresmian Gedung PLHUT, Forkompimda Aceh Besar, kepala OPD, para kepala bidang jajaran Kanwil Kemenag Aceh, Kepala KUA, Kepala Madrasah, Penyuluh Agama, Penghulu dan tokoh tokoh masyarakat. (Cek Man/*)

SHARE :
 
Top