Foto: Almussahari

LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR – Masyarakat Kemukiman Reukih, Kecamatan Indrapuri tepatnya Gampong Lampanah menggelar acara khanduri blang. Acara berlangsung di Blang Nyamprong Gampong Lampanah, Kecamatan Indrapuri, Senin, (11/2).

Panitia kegiatan, Danil Rahmat didampingi Ketua Remaja Masjid Asy Syuhada Lampanah, Almusahhari kepada media mengatakan, salah satu kearifan lokal aceh, khusus Aceh Besar yang masih eksis adalah pelaksanaan khanduri blang.

“Agar kegiatan berlangsung khidmat dan mendapatkan keberkahan, terlebih dahulu dimulai dengan berdoa bersama untuk meminta kepada Allah agar diberikan keberkahan, dijauhkan dari segala serangan hama dan penyakit lainnya”, ungkap Danil.

Danil menyebutkan acara kenduri blang dilakukan pihaknya setiap hendak panen padi, pihaknya bersama-sama menggelar do’a agar tanaman padi terhindar dari serangan hama dan nantinya memperoleh hasil yang melimpah, seusai berdoa pihaknya melakukan makan bersama dengan bu kulah yang dibawa masyarakat.


“Khanduri tersebut juga memiliki nilai religius selain mengikat silaturrahmi sesama warga petani. Dan khanduri itu juga mengharap ridha Allah untuk melimpahkan rezeki kepada masyarakat di Gampong Lampanah khususnya, umumnya masyarakat petani,”, ungkap Danil sembari menyebutkan sejumlah petani juga ikut membahas beberapa hal lain menyangkut persiapan panen raya.

Sementara, Sekretaris Komisi IV DPRK Aceh Besar Hanifullah (Abi Hanif) yang turut hadir pada kegiatan tersebut mengatakan perlu dilakukan pelestarian terhadap kearifan lokal yang menjadi kekayaan budaya Aceh.

“Kita terus mendukung kegiatan seperti ini, apalagi Data Lampanah termasuk salah satu tempat penghasil padi yang banyak di kabupaten Aceh Besar.” demikian ujar Abi Hanif yang juga putra asli Lampanah. 

Kegiatan ditutup dengan tausiah dan doa oleh Tgk Junaidi Razali.

Untuk diketahui, adat budaya khanduri blang merupakan sebuah tradisi turun temurun dilakukan saat turun ke sawah dan menjelang panen..

Tradisi ini masih tetap dipertahan oleh seluruh masyarakat di Aceh Besar, khususnya Gampong Lampanah. Dalam melestarikannya tradisi tersebut semua pemangku jabatan dalam gampong ikut dilibatkan dalam pelaksanaan acara khanduri dimaksud. (hrn/abr)

SHARE :
 
Top