lamurionline.com -- Banda Aceh : Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengharapkan sinergitas yang telah terbangun antara Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) dengan Pemerintah Aceh terus berlanjut dan bahkan diperkuat. Dengan demikian kedua pihak dapat berjalan beriringan dalam mewujudkan masyarakat religius dan saling menghargai demi terciptanya kehidupan yang harmonis.


FOTO/ HUMAS PEMERINTAH ACEH
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, memberikan sambutan saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Penyusunan dan Pembahasan Rencana Kerja dan Anggaran Satuan Kerja (RKA Sk ) tahun 2022 Tingkat Provinsi Aceh, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, di Hotel Kriyad Muraya, Banda Aceh, Senin (15/3/2021) malam


“Rencana Kerja Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh nantinya juga diharapkan dapat bersinergi dengan program Pemerintah Aceh, khususnya di bidang keagamaan dan penerapan syariat Islam, dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat di Bumi Serambi Mekkah ini,” kata Nova saat membuka Rakor Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Satuan Kerja Tahun 2022 Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh di Banda Aceh, Senin (15/3/2021) malam.

Nova menyebutkan, Pemerintah Aceh sangat mendorong agar Kanwil Kementerian Agama Aceh dapat berperan signifikan dalam mendukung tegaknya syariat Islam dan harmonisasi kehidupan beragama di Aceh. Dengan demikian, Aceh bisa menjadi prototype daerah multikultural yang toleran, yang bisa menjadi contoh bagi semangat keberagamaan dalam balutan kedamaian.

Hal itu terkait langung dengan salah satu fungsi pelayanan langsung kepada masyarakat yang melekat pada Kementerian Agama, dalam hal ini pembinaan kerukunan umat beragama. Dari fungsi tersebut, dapat dipahami, peran Kanwil Kementerian Agama sebagai perwakilan Kementerian Agama di daerah khususnya di Aceh sangatlah strategis.

“Oleh sebab itu, sinergi antara Kanwil Kementerian Agama dengan Pemerintah Aceh harus diperkuat agar kita dapat mewujudkan masyarakat religius dan toleran demi terciptanya kehidupan yang harmonis,” kata Nova.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr H Iqbal mengatakan, Rakor tersebut digelar rutin pada tiap tahunnya.

Rakor yang berlangsung selama tiga hari terhitung 15-17 Maret itu diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari para Kabid, Kakankemenag kabupaten/kota se-Aceh, Kasubbag dan Kasi dalam lingkungan Kanwil Kemenag Aceh, dan perencana se-Aceh.

Iqbal mengatakan, forum Rakor tersebut nantinya akan membahas dan menyepakati sejumlah rencana kerja dan kegiatan penting yang diharapkan dapat mendorong peningkatan kinerja Kanwil Kementerian Agama di Aceh.

Ia menyebutkan, masyarakat menaruh harapan besar terhadap pelayanan publik yang dilakukan Kementerian Agama saat ini.

Di antara harapan warga adalah pada layanan penyelenggaraan haji, peningkatan kualitas pendidikan agama dan keagamaan, peningkatan kualitas dan pemahaman agama, serta menjaga kerukunan umat beragama.

“Harapan itu harus dipandang sebagai upaya untuk memotivasi kita, agar kita berbuat lebih baik lagi di masa-masa akan datang,” kata Iqbal.

Iqbal berharap kinerja Kementerian Agama Provinsi Aceh semakin meningkat di masa depan. Ia mengajak seluruh pejabat jajaran Kementerian Agama Provinsi Aceh yang hadir dalam Rakor itu untuk bersatu dan bertekad bahwa mereka mampu melakukan itu semua dengan baik.

Tidak lupa Kakanwil Kemenag Aceh mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Aceh yang selama ini ikut mendukung program kerja Kementerian Agama di Aceh.

Pemerintah Aceh kata Iqbal telah banyak membantu, khususnya dalam bidang pendidikan agama dan keagamaan, maupun dalam penyelenggaraan Ibadah Haji. “Harapan kami ke depan semoga dukungan tersebut akan terus berlanjut,” demikian Iqbal.(Sdm/Ril)


SHARE :
 
Top