Ketua TP PKK Aceh Besar Hj Rahmah Abdullah SH melihat produk yang pasarkan usai membuka Expo HUT UKM Mandiri Gampong Lamkeunung, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Jumat (12/3/2021). Dok. Humas Pemkab Aceh Besar

LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Besar Hj Rahmah Abdullah SH membuka secara resmi Expo HUT UKM Mandiri Gampong Lamkeunung, Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar, Jumat (12/3).

Ketua TP PKK Aceh Besar Rahmah Abdullah dalam sambutannya mengatakan bahwa Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki peranan penting dalam perekonomian lokal daerah, khususnya dalam menggerakkan aktivitas ekonomi regional dan penyediaan lapangan kerja. 

Oleh karena itu, dalam hal ini industri kreatif akan terus kita dorong sebagai salah satu dasar pengembangan ekonomi dan kita harapkan akan dapat menghasilkan produk-produk unggulan yang memiliki nilai seni tinggi dan dapat bersaing dipasar global. 

“Semua produk nantinya itu akan dapat digunakan sebagai motor penggerak ekonomi kerakyatan ataupun pedesaan yang sanggup menyerap tenaga kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat gampong melalui pelaku UKM,” ujarnya.

Menurut Hj Rahmah Abudullah yang juga Istri Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali, bahwa dengan adanya Expo UKM ini dapat menjadi ajang untuk mempromosikan berbagai macam produk dari UKM masyarakat Gampong Lamkeunung. 

“Kesuksesan masyarakat gampong Lamkeunung dalam menyelenggarakan Expo HUT UKM yang pertama ini diharapkan menjadi contoh untuk gampong-gampong lainnya di seluruh Kabupaten Aceh Besar khususnya untuk terus bergotong royong guna mensejahterakan perekonomian melalui pelaku Usaha Kecil Menengah,” pungkas Rahmah Abdullah. 

Dalam kesempatan itu pula, ketua UKM Warga Mandiri Gampong Lamkeunung, Risna Farida SAg dalam laporannya juga menyampaikan bahwa UKM Warga Mandiri yang lahir pada 20 Maret 2020 ini kini telah setahun berjalan. 

Pada peringatan HUT UKM yang pertama ini kita menyelenggarakan serangkaian acara Expo yang akan berlangsung selama tiga hari, mulai 12 hingga 14 Maret 2021 di Komplek Pustu Gampong Lamkeunung. “Kami mengajak seluruh masyarakat untuk datang dan melihat serta sekaligus membeli produk-produk UKM yang dijual pada expo kali ini,” harapnya.









Dalam peringatan hari jadi tersebut, pihaknya menyelenggarakan berupa bazar produk UKM dari 18 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar yang berjumlah 62 stand, Pentas seni, Aneka lomba edukasi anak dan foto produk UKM, dan Lomba teut apam, serta kegiatan donor darah.

“UKM Warga Mandiri gampong Lamkeunung ini telah menghasilkan berbagai produk. Produk unggulannya berupa dodol amla, sabun rah pingan, sabun rah baje, dan sabun rah jaro”, tambah Risna.

Dalam kegiatan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Besar Hj Rahmah Abdduah SH, bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Aceh Besar, Ketua Bhayangkari Aceh Besar, Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Kejari Aceh yang pada kesempatan itu mendonorkan darah.

Hadir juga sejumlah pengurus TP PKK, DWP dan Dekranasda Kabupaten Aceh Besar, Unsur Muspika Kecamatan Darussalam, perangkat Gampong Lamkeunung, tokoh masyarakat setempat Prof Dr M Ali S, MSi serta masyarakat lainnya. (mariadi/joel/rel)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top