LAMURIONLINE.COM | ACEH BERSAR - Rohis Almujtahid SMAN 1 Sukamakmur adakan pengajian (beut drah). Kegiatan yang berlangsung Selasa (9/3) di mushala setempat diikuti oleh seluruh siswa, guru dan para staf SMAN 1 Sukamakmur. 

Acara diawali dengan pelantikan kepengurusan Lembaga Dakwah Sekolah (LDS) tahun kepengurusan 2021-2022 yang dilakukan Kepala SMAN 1 Sukamakmur. 

Selanjutnya dilanjutkan dengan pengajian kitab Kifayatul Ghulam halaman 2 yang diasuh oleh Abana Tgk Rahmat Fajri yang juga pimpinan Dayah Misbahul Wara Kecamatan Sukamakmur. 

Pada kesempatan beut drah, Dai muda yang sangat popular dikalangan para pemuda dan ibu-ibu ini menyampaikan pentingnya mengenal Allah SWT bagi setiap insan baik secara iman dan nalar. Hal ini dapat dilakukan dengan belajar dengan guru dan para alim ulama sebagai pewaris para nabi.  

Dalam sesi tanya jawab Dai yang lazim dipanggil Abana ini menjelaskan beberapa hukum terkait ketauhidan dan juga fikih sholat yang menjadi pertanyaan para peserta pengajian.

Lebih lanjut dalam rilisnya di Lamurionline.com, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SMAN 1 Sukamakmur, Drs Dahlan MPd Menyampaikan bahwa kegiatan yang berlangsung ini merupakan bagian dari peruwujudan visi sekolah dalam menciptakan generasi yang berilmu dan berakhlak mulia sesuai dengan akidah islamiah. 

Pada kesepatan yang sama kepala sekolah yang juga penulis buku pantun ini menyampaikan perlunya kolaborasi antara dayah sebagai lembaga pendidikan informal dan sekolah sebagai lembaga pendidikan formal dalam bahu membahu mengantarkan kematangan kepribadian bagi para generasi penerus bangsa melalui kegiatan-kegiatan serupa. 



Hal ini dinilai sangat penting mengingat tantangan era disrupsi saat ini sangat luar biasa menggerus nilai-nilai kearifan lokal yang ada. 

"Jika para generasi tidak dibekali dengan filter yang baik maka ditakutkan akan berakibat pada rusaknya moral generasi yang akan datang. Hal ini merupakan tanggung jawab setiap elemen baik orang tua, sekolah dan masyarakat" tegas Dahlan.

Kegiatan beut drah ini menjadi keunggulan kurikulum di SMAN 1 Sukamakmur yang berkerjasama dengan Dayah Misbahul Wara dalam mendukung program kurikulum Aceh yang akan diterapkan secara menyeluruh nantinya di provinsi Aceh.

Dahlan menambahkan bahwa pihaknya senantiasa berupaya memfasilitasi kegiatan ekstra kurikuler yang dapat menampung minat bakat para siswa yang ada dan juga melakukan penguatan-penguatan akademis untuk mendukung para siswa untuk lulus pada perguruan tinggi favorit. 

Dengan Akreditasi A (Unggul) saat ini, SMAN 1 Sukamakmur mendapat kesempatan meluluskan siswanya melalui jalur seleksi rapor atau tampa tes sebesar 40%. 

"Hal ini adalah nilai tambah bagi para calon siswa baru yang berkeinginan melanjutkan pendidikan ditingkat yang lebih tinggi" ujar Dahlan 

Ia juga mengharapkan agar para orang tua dan masyarakat pro aktif dalam memberi dukungan terhadap upaya-upaya yang sedang dilaksanakan dalam rangka meningkatkat kualitas pelayanan pendidikan. (zami/rel)

SHARE :
 
Top