LAMURIONLINE.COM | ACEH BESAR - Sebanyak 163 siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Aceh Besar mengikuti Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2020/2021 berbasis online (daring) di madrasah setempat. Menurut Kepala MAN 4 Aceh Besar, Hj Nuranifah SAg, UM digelar sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) sesuai dengan surat edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI Nomor: B-298/DJ.I/PP.00/02/2021, tanggal 9 Februari 2021. 

“Madrasah diberi kebebasan oleh K2M Aceh Besar untuk memilih bentuk ujian, dan kami memilih ujian berbasis online”, tutur Nuranifah.

Sebanyak 19 mata pelajaran akan diujikan 15-25 Maret 2021 melalui aplikasi UM yang dikembangkan secara mandiri oleh Ketua Tim Penjamin Mutu MAN 4 Aceh Besar, Nurchaili SPd MKom. 

“Aplikasi UM ini memanfaatkan produk yang disedikan oleh Google, yaitu memadukan Google Sites dan Google Formulir” kata Nurchaili. 

"Sebagai portal ujian, dalam aplikasi Google Sites telah diintegrasikan berbagai soal ujian dan informasi seputar UM" jelasnya.  

"Pelaksanaan ujian secara online dapat menghemat kertas, disamping menghemat waktu, biaya, memudahkan siswa dalam menghadapi ujian, dan hasilnya diperoleh lebih cepat dan akurat, terang Nurchaili. 

"Disamping itu juga untuk mendukung program transformasi digital pendidikan madrasah" tegasnya. (rel)

SHARE :
 
Top