LAMURIONLINE.COM I ACEH - Komite Dayah MUQ Pagar Air bersama Dayah MUQ Pagar Air beserta orang tua wali secara bersama-sama memfasilitasi santriwan/wati Program Takhassus (Intensif) dalam rangka Rihlah (perjalanan) ke Kebun Kurma El Mahdi Barbate, Minggu (11/04). Acara ini dilaksanakan mulai pagi sampai sore hari.

Acara dimulai dengan shalat zuhur berjamaah kemudian dilanjutkan pertemuan dengan pemilik kebun El Mahdi Barbate di Mushallah tersebut. Acara pertemuan diawali oleh Pembawa acara Ustaz Muhammad Yasir SPd yang kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Kalam Ilahi oleh salah seorang santri Takhassus, Putra Zikril Amin Ganto, Kelas 1 MTs (13 Tahun), sudah mempunya hafalan 7 Juz.

Dalam Sambutannya, pemilik Kebun Kurma, Mahdi Muhammad, menyampaikan selamat datang sekaligus merasa sangat senang dan bahagia dikunjungi oleh ahli ilmu dan para penghafal Al Quran.

Lebih lanjut, Mahdi Muhammad menceritakan insiprasi menanam kuma di daerah tersebut.

"Dalam Al Quran, Allah SWT menyebutkan kurma lebih 20 kali, setiap yg disebutkan dalam Al Quran tentu memiliki hikmah dan keberkahan yang tak terhingga, maka kita yakin dan haqqul yakin menanam kurma. Alhamdulillah sekarang sudah ada hasilnya yaitu sdh berbuah, nanti anak-anakku sekalian boleh melihat secara langsung batang dan buah kurma yang telah berbuah" ulas Mahdi

Dr Sofyan A Gani MA selaku Ketua Komite Dayah MUQ Pagar Air menyampaikan maksud dan tujuan dari kunjungan adalah untuk membuka cakrawala santri Takhasus bahwa belajar bisa dimana mana, termasuk di lingkungan terbuka seperti kebun Kurma El Mahdi Barbate. 

"Selama ini kalau bicara kurma langsung terbayang Jazirah Arab. Sekarang Alhamdulillah sudah ada di depan mata, di Barbate Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar"ujarnya.

Sofyan menambahkan lingkungan kebun kurma Barbate saat ini dalam proses pembangunan Yayasan Wakaf Barbate Islamic City yang salah satu atikititasnya adalah ketersediaan Dayah Tahfizul Quran yang  berkualitas disamping sektor-sektor lain.

Acara tersebut diakhiri dengan doa bersama yang dibacakan Rais Am Dayah MUQ Pagar Air, Ustaz Drs H Sualip Khamsin. 

Sementara itu disela-sela selesai acara,  Rais Am Dayah MUQ Pagar Air, Ustaz Drs H Sualip Khamsin yang diampingi Ustaz Ferdiayansyah SH sebagai Ketua Pengelola Takhassus Dayah MUQ Pagar Air menyampaikan bahwa program takhassus ini adalah program untuk mempersiapkan dan meningkatkan jumlah hafizh 30 juz dalam satu tahun. 

Lebih jauh, Ustaz Ferdiansyah menyampaikan kegiatan ini sangat berarti bagi santriwan dan santriwati takhasus, karena ini merupakan bentuk tafakkur dan pengamalan dari nilai-nilai yg terdapat dalam Alqur'an. Belajar dengan alam sebutnya, merupakan bagian terpenting dari proses belajar, agar para santriwan dan santriwati dapat memahami betapa indah dan sempurnanya ciptaan Allah SWT.

Kemudian di lain sisi, Pengurus Dayah MUQ Pagar Air mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Komite MUQ Pagar Air yg telah memprakarsai kegiatan ini, sehingga mampu terlaksana dengan baik.  Dirinya berharap semoga pengurus Dayah MUQ Pagar Air dan Komite semakin kompak dan solid demi kemajuan Pendidikan di Dayah MUQ Pagar Air.

Acara ini turut dihadiri Wakil Ketua DPRK Aceh Besar, Juanda Jamal ST, Kabid Madrasah Kanwil Kemenag Aceh, Drs Mukhlis MPd, Komite MUQ beserta Jajaran pengurus, Ustaz Ahmadin SPd MA, Kepala Pengasuhan Putri, Ustazah Rosdiana SAg serta orang tua/wali santri Takhasus yang hadir secara bersama-sama.

Salah seorang wali santri Takhassus, Dr Azwar ST MSc Eng menyampaikan bahwa program rihlah ini sangat baik untuk anak-anak yang difasilitasi oleh Komite Dayah MUQ Pagar Air bersama dengan Dayah MUQ.

"Ini sesuatu yang baik dan ke depan perlu diterapkan dan dilaksanakan dengan nuansa dan suasana yang berbeda, apalagi anak-anak ini kan tidak pulang bersama dengan keluarga mereka, orang tua mereka adalah kita ya Komite Dayah MUQ yang telah dipilih oleh orang tua/wali santri Dayah MUQ Pagar Air" demikian Dr Azwar. (zulfikar/rel)

SHARE :
 
Top