lamurionline.com -- Aceh Besar : Program Beasiswa Santri Berprestasi atau disingkat dengan PBSB adalah sebuah program afirmatif perluasan akses santri pondok pesantren untuk melanjutkan studi sarjana dan profesi di tingkat nasional. 



Semua tahapan yang ditempuh dalam seleksi PBSB ini terintegrasi mulai dari proses kerjasama, pengelolaan, sistem seleksi, serta pemberian bantuan pendidikan yang diperlukan bagi santri yang telah memenuhi syarat hingga ditetapkan kelulusannya.



Sejak dimulai program ini, setiap tahunnya santri RIAB mendominasi kelulusan di berbagai Universitas ternama nasional di luar Aceh, Alhamdulillah untuk tahun ini ada 8 santri RIAB yang lulus. 


Adapun 8 santri RIAB tersebut: 

1. Kastria Angga Kusuma, Universitas Islam Negeri  Sunan Kalijaga Yogyakarta, Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial

2. Sitti Azzuhra, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Program Studi Farmasi

3. Syafna Tristia Wida, Universitas Islam Negeri  Syarif Hidayatullah Jakarta, Program Studi Farmasi

4. Farah Dina, Universitas Islam Negeri  Syarif Hidayatullah Jakarta, Program Studi Kedokteran dan Pendidikan Dokter

5.Putra Ghaza Al-Furqan, Universitas Islam Negeri  Syarif Hidayatullah Jakarta, Program Studi Kedokteran dan Pendidikan Dokter

6.Kamil Azhary,  Universitas Islam Negeri  Walisongo Semarang, Program Studi Ilmu Falak

7.M Alif Al-Kharazy, Institut Pertanian Bogor, Program Studi Teknik Industri Pertanian

8.Shulhan Al-Khalidy, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Program Studi Teknik Informatika

Direktur Dayah MA RIAB Kusnadi, S.Ag. MA. menyambut kelulusan mereka dengan penuh rasa  syukur dan salut atas perjuangan mereka yang telah berhasil lulus seleksi PBSB tahun ini. 

"Dari 20 santri seluruh Aceh yang lulus Seleksi Tahap 1 PBSB tahun ini, 8 dintaranya berasal dari pondok RIAB, mudah-mudahan doa restu semua pihak civitas akademika RIAB di bulan Ramadhan ini dapat mempermudah dalam menjawab ujian tahap berikutnya." Sebutnya.

Selanjutnya Kusnadi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu terselenggaranya program ini dan berpesan kepada santri untuk tetal semangat dan giat belajar mempersiapkan diri mengikuti tes lisan dan wawancara pada 18-21 Mei 2021 mendatang.

Sementara itu secara terpisah Sekretaris Yayasan RIAB H. Khairul Azhar. S.Ag. M.Si turut mengapresiasi dan bangga atas prestasi yg ditorehkan oleh santri RIAB setiap tahunnya, beliau berpesan agar terus berjuang sampai ketitik penghabisan sehingga dapat mengharumkan nama Aceh  dikancah Nasional

"Prestasi ini merupakan satu capaian yang luar biasa karena peserta yang ikut secara nasional berjumlah 4616 peserta dari berbagai pondok pesantren seluruh Indonesia, yang lulus tahap pertama hanya 516 santri, setelah itu hanya akan di ambil 230 kuota saja untuk disebar di 21 perguruan tinggi nasional pada 33 program studi. Kita berharap semoga tahun ini dan seterusnya lebih banyak lagi yang lulus". Ujarnya. (M.Rizki)

SHARE :
 
Top