LAMURIONLINE.COM | ACEH BESAR - Bunda PAUD dan sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Besar Hj Rahmah Abdullah SH menghadiri kegiatan pustaka tenda untuk daerah terpencil yang dilaksanakan oleh Dinas Arsip dan Perpustakan Kabupaten Aceh Besar di Gampong Pasi Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, Minggu (23/5). 

Tujuan kegiatan ini dalam rangka meratakan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat sampai ke daerah terpencil yang belum/tidak memungkinkan adanya perpustakaan permanen memperkenalkan jasa publik meningkatkan minat baca dan mengembangkan cinta buku pada masyarakat. 

Dalam sambutannya, Rahmah Abdullah, menyampaikan peran orang tua di dalam keluarga sangat penting untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Membacakan buku merupakan sebuah kebutuhan dalam pengasuhan karena banyak orang yang sukses di awali dengan kecintaannya akan membaca. 

"Sangatlah penting bagi orang tua untuk membiasakan membaca buku kepada anak, dengan cara membacakan buku bergambar, bercerita ataupun mendongeng untuk anak-anak. Karena dengan membaca, pintu pengetahuan akan terbuka. Kita tidak perlu menyelam ke dasar laut untuk mengetahui segala sesuatu yang ada di sana,’’ tuturnya. 

Menurutnya, kebiasaan anak-anak menjadi gemar membaca jika orang tua di rumahnya suka membacakan sesuatu kepada mereka contohnya cerita dongeng ataupun sejarah kebangsaan sebelum tidur. Kebiasaan membaca sejak kecil dapat membiasakan perilaku positif dan dapat memberikan pengaruh terhadapat perilaku mereka dalam bersikap. 

"Peran orang tua sangat besar dalam hal mempengaruhi minat baca pada anak. Orang tua dapat memberikan buku-buku bacaan menarik kepada anak, yang buku itu lebih menarik menurut mereka seperti buku yang banyak dengan gambarnya. Karena jika mereka telah terbiasa dengan membaca, maka anak juga akan sangat mudah untuk menerima bacaan yang lainnya. Maka, orang tua harus menanamkan minat baca kepada anak-anakya secara bertahap,"pintanya 

Lebih lanjut, Pada era modern ini, sudah tidak asing ketika melihat banyak sekali anak-anak yang memainkan gadget baik di dalam rumah atau pun di luar rumah. Perkembangan zaman yang semakin pesat telah membawa perubahan yang cukup signifikan terlebih terhadap perkembangan anak. 

"Jadi, Orangtua harus dapat mengarahkan penggunaan perangkat dan media digital dengan tepat. Disini Orang tua perlu untuk memahami manfaat dan resiko penggunaan media digital yang digunakan oleh anak. Karena media digital mengandung berbagai macam konten yang mungkin saja belum terfilter dengan baik,  sehingga anak perlu untuk diberikan pengarahan dan pemahaman terkait dengan pengunaan perangkat media digital dengan sebaik mungkin. Sehingga anak dapat mendapatkan manfaat positif dari penggunaan media digital," 










Sementara itu, Betty Haryati, SE Kabid pengembangan koleksi dah pengolahan bahan perpustakan Aceh Besar, mengatakan, Kegiatan pustaka tenda untuk daerah terpencil dengan tema "Jak ta meumbaca, Ureng tanyoe Caroeng Aceh Besar Berjaya" dilaksanakan pada hari ini akan berlangsung selama empat hari dimulai sejak tanggal 22 -25 Mei 2021 di Gampong Pasi Kecamatan Lhoong. 

"Tujuan kegiatan ini dalam rangka meratakan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat sampai ke daerah terpencil yang belum/tidak memungkinkan adanya perpustakaan permanen memperkenalkan jasa publik meningkatkan minat baca dan mengembangkan cinta buku pada masyarakat. Selain itu, Kegiatan pustaka tenda untuk daerah terpencil bukan hanya sekedar membaca. Tapi, ada juga pemutaran film sejarah serta pembagian hadiah kepada para pengujung yang rajin membaca nantinya," tutupnya 

Media Center Aceh Besar

SHARE :
 
Top