LAMURIONLINE.COM I BANDA ACEH – Ratusan siswa-i MTsN 1 Model Banda Aceh mengikuti sosialisasi dan edukasi qanun jinayat dan penerapan syariat islam bagi kaum remaja yang disampaikan oleh tim Kantor Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah Kota Banda Aceh dihalaman madrasah tersebut, Senin (04/10)

Sosialisai disampaikan oleh kabid penegakan syariat islam (PSI) Safriadi, S.Sos.I berlangsung meriah, diiringi tanya jawab turut ditampilkan simulasi eksekusi pelanggar jinayat, dengan mendemonstrasikan menjadi algojo dan pelanggar atau Jarimah hukum jinayat dari siswa, peragaan hukum cambuk  dimulai dari kehadiran Hakim pengawas, Jaksa dan Tim medis

Dalam paparannya Safriadi menjelaskan dalam qanun jinayat ada 10 jenis pelaku jarimah (perbuatan yang dilarang) meluputi Khamar, maisir, khalwat, Ikhtilath, Zina, pelecehan seksual, pemerkosaan, Qadzaf, Liwath dan musahaqah.

"Penegakan qanun jinayat berlaku bagi semua orang tak terkecuali pejabat sekalipun, sedangkan pelaku terhadap usia anak-anak dikenai hukuman pidana umum dan tingkat usia anak-anak belum kita temukan pelanggar qanun jinayat”, harapan kita semoga kota ini semakin baik terhadap penegakan syariat islam” ujar Safriadi.

“Kami sangat mendukung dan mengapresiasi atas lolosnya Siswi MTsN Model Banda Aceh pada kompetisi Myres Nasional dengan judul tentang edukasi Syariat Islam Bagi Kaum Milenial di Kota Banda Aceh” sambungnya. 


Kepala MTsN 1 Model Banda Aceh, Junaidi Ibas SAg MSi mengatakan kegiatan ini dalam rangka top 15 finalis nasional Myres bidang ilmu keagamaan Islam tahun 2021 siswa MTsN 1 Model Banda Aceh, Faiza Rusyha ketahap penelitian dengan judul “Pengaruh Edukasi Wilayatul Hisbah tentang Syariat Islam terhadap kaum milenial di Kota Banda Aceh”.

Kami menghimbau kepada siswa-i  sebagai generasi yang akan menjadi  garda terdepan agar mendukung penerapan penegakan islam secara kaffah di kota ini”, ujarnya

Kegiatan turut hadir kasi ops Khuzari, S.Pd.I, Heri Agusnawar, S.Sos.I, Zamzami, SH.I, Junidar, SH dan staf PSI lainnya, Ketua Komite Ir. H. Mukhlis Djakfar, MM, pembimbing Myres bid. Agama Rosalia Sari, S.Pd, Koordinator Riset Nurmahni Harahap, S.Pd.,M.Pd dan keluarga besar MTsN 1 Model Banda Aceh [armaidi/rel]*

SHARE :
 
Top