LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Dalam rangka menyambut Hari Amal Bakti (HAB) Ke-76 Kementerian Agama, Kankemenag Kabupaten Aceh Besar melakukan berbagai kegiatan, Kamis (30/12). Kegiatan yang dilakukan diantaranya penyerahan bantuan untuk siswa korban kebakaran rumah di MIN 2 Lamtamot Aceh Besar sebesar Rp 30 Juta. Sumbangan tersebut berasal dari Keluarga Besar Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag Aceh Besar. Bantuan diserahkan langsung Kakankemenag Aceh Besar, H Abrar Zym SAg kepada Sinta Dewi Purnama (11), siswa yang mengalami musibah tersebut. 

Menurut Kasubbag Tata Usaha, H Khalid Wardana peringatan upacara HAB sendiri akan digelar, Senin (3/1) mendatang di komplek Ponpes Al Manar dengan pembina upacara Bupati Aceh Besar.

"Sebagai bagian dari peringatan HAB ini, Kemenag Aceh Besar telah melaksanakan berbagai kegiatan sosial, keagamaan dan olah raga, dengan puncak kegiatan aksi sosial  menyerahkan sejumlah paket serta sembako dan perlengkapan masjid kepada masyarakat  Lamkubu Panca, dan Panca Kubu Kecamatan Lembah Seulawah sebagai bentuk kepedulian bagi Gampong yang terisolir di Aceh Besar ini" ujar Khalid. 

Pada saat penyerahan paket secara simbolis, masyarakat memberikan apresiasi yang besar atas kepedulian Kemenag Aceh Besar dan mengungkapkan rasa harunya. Termasuk penyerahan paket secara langsung ke salah satu warga dhuafa bernama Mariah (75) yang merasa terharu dikunjungi  Kakankemenag Aceh Besar.

"Ini merupakan penghormatan yang besar bagi kami masyarakat, aksi baksos ini memberikan makna yang dalam bagi kami"  ungkap Keuchik Baihaqi, mewakili masyarakat setempat. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh Besar, H Abrar Zym SAg mengatakan tujuan dari kegiatan ini tak lain untuk menjalin silaturrahmi dengan masyarakat. Selain baksos, juga digelar lomba futsal, lomba busana muslimah khas Aceh yang digelar Darma Wanita Kemenag Aceh Besar dan donor darah yang akan dilakukan hari upacara HAB.

“Kemenag Aceh Besar juga merupakan salah satu yang turut diundang pada malam resepsi HAB di Kanwil Kemenag Aceh. Mari terus kita jaga silaturrahmi ini, mudah-mudahan apa yang kami berikan bermanfaat dan digunakan sebaik-baiknya, itu yang penting. Doakan juga kami dan seluruh jajaran Kemenag Aceh Besar sehat wal afiat, sesuai tema HAB ke 76, yaitu Transformasi Layanan Ummat,” harap Abrar Zym.

Abrar Zym pada kesempatan itu juga berpesan kapada para Penyuluh Non PNS maupun PNS Kemenag agar bisa memaksimalkan kegiatannya, termasuk adanya jadwal terstruktur terkait khutbah Jumat di daerah terpencil itu.

Sementara Keuchik Panca Kubu, Mayasari mengucapkan terimakasih tak terhingga atas kepedulian Kemenag Aceh Besar. Mayasari yang beberapa waktu sempat viral lalu terpilih sebagai Keuchik perempuan termuda di Aceh Besar itu berharap gampong Panca Kubu lebih maju ke depannya  dengan dukungan berbagai pihak, sebagimana kepedulian Kemenag Aceh Besar.

Hal senada disampaikan Camat Lembah Seulawah, Husaini BA, dimana Kemenag Aceh Besar dan pihak terkait lainnya untuk terus membina dan peduli terhadap kondisi gampong yang masih terisolir di pedalaman Aceh Besar.




“Terima kasih sekali lagi untuk Kemenag Aceh Besar dan jajarannya atas silaturrahmi dan kepedulian yang sangat berharga inĂ¯” ujar Husaini. 

Hadir pada kegiatan baksos sejumlah Kepala KUA se-Aceh Besar, Kepala madrasah,  Darma Wanita Kemenag Aceh Besar, para 

Kepala seksi, Keuchik Lamkubu, Panca dan Panca Kubu, Ketua pokjaluh, Penghulu, Imam masjid dan meunasah, serta polsek Lembah Seulawah.

Untuk diketahui, Gampong Lamkubu, Panca dan Panca Kubu merupakan wilayah terisolir di Aceh Besar akibat belum maksimalnya akses jalan , termasuk belum selesainya jembatan penghubung. Sehingga mengakibatkan salah satu gampong menjadi  semakin terisolir jika meluapnya air sungai saat musim penghujan.*

SHARE :
 
Top