lamurionline.com -- Banda Aceh : Festival Takbir memperingati Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriyah diadakan secara terbatas dan hanya diikuti oleh 14 (empat belas) tim Juara Festival Takbir Idul Fitri dan Idul Adha 1442 Hijriyah (tahun lalu), Rabu (27/4/2022). Keputusan ini diambil oleh pihak Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh bersama DPW BKPRMI Aceh melalui banyak pertimbangan; di antaranya untuk menghindari kerumunan massa dan format acara yang tidak menoton. 

Sebelum pandemi Covid-19 kegiatan ini lebih populer dengan sebutan Pawai Takbir, yang biasanya diikuti sampai 50 tim lebih perwakilan Remaja Masjid atau Meunasah dari Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Koordinator Kegiatan Dr. Mulia Rahman, MA menyebutkan; “Ke-14 tim yang menjadi peserta Festival Takbir Idul Fitri tahun ini merupakan perwakilan Remaja Masjid atau Meunasah peraih Juara Satu sampai dengan Juara Harapan Tiga ditambah 1 Juara Favorit Idul Fitri dan Idul Adha tahun lalu yang diundang secara khusus untuk bersaing di babak penyisihan yang akan diadakan pada Sabtu 30 April 2022 di Aula VVIP Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. 




Selanjutnya 6 (enam) tim terbaik di babak ini akan kembali berlomba di babak final yang akan diadakan pada malam hari raya Idul Fitri 1443 H di halaman Masjid Raya Baiturrahman untuk memperebutkan Juara Satu, Juara Dua, Juara Tiga, Juara Harapan Satu, Juara Harapan Dua, dan Juara Harapan Tiga”.

“Babak Final Festival Takbir Idul Fitri tahun ini akan ditampilkan di atas panggung dan terbuka untuk umum, dan Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, MT akan memukul tambo (beduk) sebagai dimulainya perhelatan lomba ini”, ujar Ketua Umum BKPRMI Aceh ini.

Berikut masing-masing 7 Remaja Masjid/Meunasah yang menjuarai Festival Takbir Idul Fitri dan Idul Adha 1442 Hijriyah:


(Juara Idul Fitri)

  1. Masjid Al-Ishlahiyah Lambhuk
  2. Masjid Jami’ Lambaro Kaphe
  3. Meunasah Lamteumen Barat
  4. Meunasah Induk Lambheu
  5. Masjid Syaikh Abdurrauf Blang Oi
  6. Masjid Babul Maghfirah Tanjong Seulamat
  7. Masjid Bustanul Jannah Ajun.

(Juara Idul Adha)

  1. Masjid Sabilil Jannah Desa Doy
  2. Meunasah Induk Paseu Beutong
  3. Masjid Baitussalam Tibang
  4. Masjid Baiturrahim Ateuk Jawo
  5. Masjid Ath-Thahirah Lamcot
  6. Masjid Subulussalam Punge Blang Cut
  7. Masjid Al-Hidayah Lamdom.

Sumber : BKPRMI Aceh
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top