lamurionline.com -- Aceh Besar - Indrapuri, Senin (04/04/22) Terlihat sejumlah Guru, Pegawai dan Siswa SMPN Ali Hasjmy mulai laksanakan kegiatan Dinul Islam sesuai dengan instruksi surat edaran Dinas Pendidikan Aceh Besar selama bulan Ramadhan mulai 4 s/d 16 April 2022. 

Dalam pelaksanaan Dinul Islam yang berlangsung kurang lebih selama dua minggu tersebut. Pelaksanaan Dinul Islam dimulai dari pukul 08:30 s/d 11:30 WIB dimulai dengan shalat dhuha berjamaah, zikir bersama dan belajar kelompok sesuai kelas bidang masing-masing.



Dalam kegiatan Dinul Islam ini, SMPN Ali Hasjmy mengambil fokus dalam bidang Al-Qur'an yang melibatkan seluruh siswa/wi kelas VII (tujuh) dan VIII (delapan) SMPN Ali Hasjmy. Fokus bidang al-Qur'an ini juga dibagi dalam beberapa kategori diantaranya; kelas Iqra', kelas Tahsin, dan kelas Tahfizh. Masing-masing bidang tersebut juga didampingi dan dibina oleh guru mentoring yang mana siswa/wi dibagi dalam kelas masing-masing sesuai kemampuan baca al-Qur'anya. 

Seperti siswa yang sama sekali belum bisa / mengenal huruf hijayyah maka dimasukkan dalam kelas Iqra', begitu juga jika ada siswa yang sudah mampu membaca al-Qur'an namun masih belum lancar makharijul huruf dan tajwidny maka dimasukkan dalam kelas tahsin, begitu juga dengan siswa yang sudah bagus Iqra' dan bacaannya maka dimasukkan dalam kelas Tahfizh. 



Di samping fokus dalam bidang al-Qur'an, juga terdapat kelas mengajarkan doa iftitah (bacaan dalam shalat) bagi siswa yang belum mampu/lancar/hafal do'a iftitah. Dengan harapan dan tujuan bersama guru dan pegawai SMPN Ali Hasjmy dari pelaksanaan Dinul Islam ini yang berlangsung selama dua minggu nantinya siswa/wi mampu membaca al-Qur'an dengan baik dan benar serta bisa menghafal do'a iftitah dengan baik benar dan lancar. (Muzaris/rel)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top