lamurionline.com -- Kota Jantho : Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1443 H di Kabupaten Aceh Besar dipusatkan di Masjid Agung Al-Munawwarah Kota Jantho, Senin (2/5/2022).

Shalat Ied dimulai pukul 07.45 WIB, dipimpin Imam Shalat Idul Fitri adalah Tgk Imran Tiana, SE. Sementara Wakil Bupati Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab menjadi khatib.

Pelaksaanaan Shalat Ied di Masjid Agung Al Munawwarah, turut dihadiri Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi Msi, beberapa anggota DPRK Aceh Besar, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta ASN/ PNS dijajaran Pemkab Aceh Besar, Pengurus PWI Aceh Besar dan sejumlah wartawan, serta jamaah dari warga Kota Jantho.

Dalam khutbahnya, tokoh ulama yang akrab disapa Waled Husaini tersebut mengajak jamaah untuk memanfaatkan momen hari raya Idul Fitri tahun ini menjalin kembali ukhuwah dan silaturahim yang sempat renggang karena berbagai pembatasan pertemuan dalam masa pandemi, guna mencegah penularan Covid 19.

“Kita semua memiliki kesalahan satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari, maka di hari raya Idul Fitri ini marilah kita mencari keridhaan Allah dan jangan mengundang kemurkaan Allah, dengan cara saling bermaaf-maafan,” sebut Waled Husaini.




Wabup Aceh Besar juga mengingatkan, bahwa setelah menahan lapar, haus, emosi serta menguji kesabaran selama bulan Ramadhan, maka hari raya bukanlah merupakan hari kebebasan sehingga kembali berbuat kemaksiatan.

Waled mencontohkan banyak remaja dan anak muda yang kembali bermain judi online di aplikasi telpon, yang sudah tegas difatwakan haram oleh Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh.

“Kami mengajak semua pihak terutama aparat keamanan, mari bersama menyelamatkan generasi masa depan Aceh dari perbuatan yang sia-sia, yang nantinya akan menjerumuskan pada tindakan melanggar hukum seperti perjudian,” pesan pimpinan Dayah Ruhul Fata Seulimum tersebut.

Lawan Rentenir

Lebih lanjut Wakil Bupati mengingatkan pada berbagai bahaya kemaksiatan yang disebutnya “wabah atau penyakit” yang sudah semakin sering ditemukan di tengah masyarakat Aceh Besar.

Salahsatunya aktifitas rentenir yang melakukan penipuan berkedok pinjaman uang dengan bunga pembayaran yang tinggi, sehingga menyengsarakan masyarakat.

“Kami mohon kepada aparat gampong jika menemukan aktifitas rentenir untuk tangkap dan serahkan kepada pihak berwajib, mari selamatkan masyarakat kita dari bahaya dosa besar riba,” lanjutnya.

Dalam khutbahnya, Tgk H Husaini A Wahab juga menyampaikan kepada masyarakat Aceh Besar bahwa ini merupakan Hari Raya Idul Fitri terakhir dirinya dalam menjabat Wakil Bupati Aceh Besar bersama Bupati Mawardi Ali, periode 2017-2022.

“Dalam kesempatan ini, kami sebagai pimpinan daerah juga memohon maaf atas segala kesalahan selama memimpin kabupaten Aceh Besar,” kata Waled Husaini di akhir khutbahnya.

Usai menyampaikan Khutbah, Waled Husani didampingi Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Besar, Rusdi SSos MSi dan sejumlah pejabat serta pengurus Masjid Agung Al-Munawwarah bersalam-salam saling memohon maaf dengan seluruh jamaah shalat Ied.

Sebelumnya, dalam menyemarakkan pelaksanaan Idul Fitri tahun ini, pemerintah Kabupaten Aceh Besar juga menggelar takbir keliling, yang dilepas Bupati Aceh Besar Ir. H. Mawardi Ali di Halaman Mesjid Al- Munawwarah, Kota Jantho, Minggu (01/05/2022) malam.

“Saya dan segenap pemerintahan Kabupaten Aceh Besar Mengucapkan Selamat menyambut hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H, taqabbalallahu minna wa minkum Minal ‘Aidin wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin” kata Bupati Mawardi Ali dalam sambutannya melepas pawai takbir.

Bupati juga memberikan arahan kepada seluruh instansi internal maupun eksternal Pemerintahan Kabupaten Aceh Besar yang berkaitan dengan Pelayanan publik, agar tetap melayani masyarakat pada hari raya Idul Fitri dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Kepada seluruh OPD yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat agar tetap menjalankan tugasnya walaupun pada hari lebaran dan tidak boleh terputus,” kata Bupati.

Bupati Aceh Besar mengharapkan seluruh instansi yang berkaitan dengan pelayanan publik tetap aktif guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, khususnya masyarakat Aceh Besar supaya dapat melaksanakan Hari Raya Idul Fitri ini dengan bahagia.

“Diharapkan seluruh instansi yang berkaitan dengan fasilitas umum atau pelayanan publik agar tetap aktif dan terjaga tentu hal ini dapat diatur pembagian shift kerjanya saja,” kata Bupati Aceh Besar, Ir. H. Mawardi Ali.

Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Besar, Rusdi S.Sos MSi, mengatakan, peserta takbir keliling diramaikan oleh seluruh OPD Pemkab Aceh dan masyarakat.

“Alhamdulillah setelah agak mereda pandemi Covid-19 takbiran keliling dan Shalat Ied bisa kita laksanakan, namun tetap dengan protokol kesehatan,” demikian Rusdi SSos MSi, Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Besar. (Cek Man/*)

SHARE :
 
Top