LAMURIONLINE.COM | ACEH - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-35 tingkat Provinsi Aceh yang berlangsung di Kabupaten Bener Meriah resmi ditutup oleh Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah, atas nama Gubernur Aceh pada Jumat, 24 Juni 2022 malam.

MTQ yang dimulai dari 19 Juni 2022 ini diikuti seluruh kabupaten kota di Aceh, dengan total peserta dari seluruh cabang yang diperlombakan mencapai 1.257 orang.

Pada MTQ di dataran Gayo tersebut sebanyak 17 santri dan asatidz (tenaga pengajar) dari Dayah Darul Quran Aceh, yang beralamat di Tumbo Baro, Kec. Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar juga ikut serta. Mareka terdiri atas 9 santri dan 8 asatidz yang tampil untuk mewakili daerahnya masing-masing. 

“Alhamdulillah, sebanyak 10 orang diantaranya, yaitu lima santri dan lima asatidz berhasil meraih sejumlah juara dan ini merupakan prestasi yang luar biasa. Mereka telah berusaha dan berikhtiar dengan baik dan sempurna. Maka atas nama pribadi, pimpinan dan keluarga besar dayah, kami mengucapkan selamat dan sangat mengapresiasi capaian itu,” kata Direktur Dayah Darul Quran Aceh, Ustaz Hajarul Akbar, MA, Sabtu (25/06).

Adapun para juara pada MTQ Provinsi Aceh Tahun 2022 utusan Dayah Darul Quran Aceh, yaitu asatidz (tenaga pengajar) diantaranya Ustaz Alfian Nikmat, juara 1 Tafsir Bahasa Indonesia Putra, mewakili Kab. Aceh Selatan, Ustaz Muzaffar, Juara 1 Hifzhil Qur'an 20 Juz Putra, Kab. Aceh Utara, Ustaz Arfi Arfalaki Samba, juara 2 hifzhil quran 5 juz dan Tilawah, Kab. Aceh Besar, Ustaz Ikram Abdul Aziz, juara 3 Tafsir Bahasa Indonesia Putra, Kota Banda Aceh dan Ustaz Teuku M. Syuhada, juara harapan 3 Hifzhil 20 Juz Putra, Kota Aceh Besar.

Untuk santri, diantaranya M. Ghazy Al Ghifari, juara 2 Hifzhil Quran 20 Juz Putra, Kab. Aceh Selatan, Najib Haidar, juara 2 Hifzhil Quran 10 Juz Putra, Kota Subulussalam, Dhiyaul Fatin, juara 2 Hifzhil Quran 30 Juz Putri, Kab. Aceh Barat, Nugraha Adi Luhur, juara harapan 1 Hifzhil Quran 10 Juz Putra, Kab. Simeuleu, Hafian Khalis, juara harapan 3 Hifzhil 30 Juz Putra, Kab. Aceh Barat.

Ustaz Hajarul Akbar menjelaskan prestasi tersebut diharapkan akan menjadi motivasi dan penyemangat untuk terus bersama Al Quran. Selain itu akan menjadi pendorong bagi santri yang lainnya agar suatu kelak juga akan dapat mengikuti MTQ.

Ia juga berpesan dan meminta kepada mareka yang meraih prestasi di MTQ tingkat Provinsi Aceh tahun ini untuk menularkan pengalaman dan ilmunya itu kepada yang lain,  sehingga ke depan peserta MTQ utusan Dayah Darul Quran Aceh akan lebih banyak lagi.

“Kami juga sangat berterimakasih kepada para dewan guru yang sudah membimbing dan membina para santri tersebut. Selain itu terkhusus kepada orangtua yang senantiasa memberikan motivasi dan dukungan yang kuat, semoga menjadi berkah bagi Dayah Darul Quran Aceh. Insya Allah kedepannya MTQ itu benar-benar akan menjadi event yang sangat dirindukan oleh para santri sehingga mareka akan bersungguh-sungguh belajar dan mempersiapkan diri untuk mengikutinya,”pungkas Ustaz Hajarul Akbar.

Reportase: Murdani Tijue

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top