LAMURIONLINE.COM I ACEH - Dalam rangka penutupan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Tahun Pelajaran 2021/2022, Dayah Darul Quran Aceh menggelar kegiatan hiking (lintas alam) dan berbagai lomba ekstrakurikuler di komplek dayah tersebut jalan Banda Aceh-Medan, KM 19,5 Gampong Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar.

Direktur Dayah Darul Quran Aceh Ustaz Hajarul Akbar, MA melalui Kepala Sekolah SMA Dayah Darul Quran Aceh Ustaz Fauzal Azifa, M.Pd, Kamis (23/06) mengatakan kegiatan hiking (lintas alam) diikuti oleh seluruh dewan guru beserta santriwan dan santriwati dari kelas VII sampai kelas IX. Secara keseluruhan berjumlah 19 regu santriwan dan 4 regu santriwati. 

“Titik awal hiking di mulai dari Dayah Darul Quran Aceh kemudian melewati area persawahan warga dan menelusuri pegunungan Kuta Malaka. Adapun etapenya berakhir di irigasi Krueng Jreu yang berada di wilayah perbatasan Gampong Aneuk Glee dan Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka,” kata Ustaz Fauzal Azifa



Ustaz Fauzal Azifa yang juga merupakan Pembina Pramuka Dayah Darul Quran Aceh menjelaskan tujuan diadakan kegiatan hiking tersebut sebagai sarana rekreasi bagi seluruh santri setelah sebulan mengikuti Ujian Akhir Sekolah dan Ujian Al Quran. 

“Kita mengadakan kegiatan hiking sebagai sarana rekreasi bagi semua setelah sebulan disibukan dengan ujian, baik ujian pelajaran dayah dan sekolah maupun ujian Al Quran. Mudah-mudahan dengan kegiatan hiking ini kita bisa refresh. Selain itu juga untuk melatih rasa kebersamaan, kepedulian dan kepekaan dengan sesama,” kata Ustaz Fauzal Azifa.  

Ia menambahkan selain hiking, Dayah Darul Quran Aceh di waktu yang bersamaan juga menggelar berbagai lomba ekstrakurikuler internal tingkat SMP dan SMA. Kegiatan tersebut memperlombakan delapan cabang, diantaranya tenis meja dan futsal untuk santriwan. Sedangkan untuk santriwati yaitu lomba badminton ganda, joget balon, oper air, tarik tambang, lompat karung dan rebut kursi. Lomba tersebut dibuat terpisah antara santriwan dengan santriwati.

“Seluruh juara lomba ektrakurikuler dan regu hiking terbaik diumumkan pada malam seremonial penutupan Tahun Pelajaran 2021/2022. Selain itu Dayah Darul Quran Aceh juga memberikan penghargaan kepada enam santri teladan, 32 santri terbaik bidang akademik dan empat santri terbaik bidang Al Quran. Semoga ini menjadi motivasi bagi yang lainnya,” pungkas Ustaz Fauzal Azifa. (murdani/rel)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top