lamurionline.com -- Makkah -- Menjelang H-4 wujuf di Arafah, maktab (penanggung jawab jamaah haji) membawa seluruh petugas haji, yang terdiri dari ketua kloter TPHI, pembimbing ibadah TPIHI dan ketua rombongan untuk melihat secara langsung tempat penginapan yang mirip kemah di Arafah dan Mina. 


Kloter 01 BTJ dan kloter 02 BTJ sama-sama bergabung di maktab 14 sektor 3 Makkah dan 4 kloter lainnya berasal dari Ujung Pandang dan Surabaya. 


Peninjauan ini bertujuan untuk memastikan kemah tidak bertukar dengan kloter lain dan melihat ketercukupan akomodasi bagi seluruh jamaah. 


Ada peningkatan pelayanan pada musim haji tahun ini, yaitu fasilitas pendingin atau AC adalah keluar terbaru, ambal yang layak,  di Arafah dan Mina disediakan tilam dan selimut yang berkualitas bagi seluruh jamaah. 


Kemudian fasilitas hamam (toilet) yang baru dua tingkat.  Tentu ini akan mengurai panjangnya antrian yang biasa terjadi setiap musim haji. 


Seluruh petugas kloter menandai setiap kemah yang menjadi milik mereka dengan pemasangan spanduk yang telah disiapkan. 




Keadaan yang sangat sibuk sepanjang mata memandang terlihat, baik di Arafah dan Mina.  Para pekerja mempersiapkan segala sesuatu untuk melayani semaksimal mungkin tamu Allah yang bergerak menuju Arafah pada hari Kamis, beberapa hari yang akan datang. 


Menurut salah seorang petugas maktab yang mendampingi peninjauan itu mengatakan, sudah dua tahun fasilitas di Arafah dan Mina tidak terpakai akibat Covid 19, sehingga menambah ekstra pekerjaan yang harus dilakukan. 


Seluruh petugas merasa optimistis pelaksanaan wukuf di Arafah yang merupakan puncak haji berjalan dengan baik. 


Mengenai adanya perbedaan penentuan 1 Zulhijjah 1443 antara Kerajaan Saudi Arabia dengan Indonesia, tidak menjadi kendala. 


“Getanyoe (kita) ikut pemerintah Arab Saudi, karena kita sedang di Saudi,” ujar Waled Abdul Muthalib, pimpinan KBIH Al Mabrur, yang ikut dalam rombongan tersebut. 


Insya Allah wukuf di Arafah dilaksanakan Jumat 8 Juli 2022. (Laporan H Akhyar Mohd. Ali)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top