LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Kecamatan Krueng Barona Jaya (KBJ) yang terdiri dari 12 Gampong, menjadi kecamatan tercepat penyerapan Dana Desa tahun 2022 di Kabupaten Aceh Besar.

Camat Krueng Barona Jaya M. Basir, S.STP, M.Si mengatakan, dimana 10 Gampong sudah masuk pencairan tahap ke 3 Dana Desa (DD). Penyaluran DD untuk tahun ini dibagi 3 Tahap, untuk tahap pertama 40 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap tiga 20 persen.

"Alokasi DD Tahun ini di laksanakan untuk Ketahanan Pangan sebesar 20%, BLT sebesar 40% dan penangan Covid Sebesar 8%. Sisanya silaksanakan untuk kegiatan Rutin Gampong Lainnya sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Prioritas," katanya, Senin (29/8). 

Ia menyampaikan untuk Kabupaten Aceh Besar, Kecamatan Krueng Barona Jaya merupakan Tertinggi Penyaluran DD Tahun 2022.

"Sampai Bulan Agustus sudah terealisasi 87,3%. Total Dana Desa Dari 12 Gampong di Kecamatan Krueng Barona Jaya Tahun 2022 yaitu 8.959.114.000. Realisasi penyalurannya sudah mencapai lebih kurang 7,8 M dari keseluruhan Gampong. Hanya 2 Gampong saja yang belum mengusulkan Pencairan DD Tahap 3 menunggu realisasi Kegiatan Ketahanan Pangan," jelasnya. 

Basir juga mengatakan, pihaknya melakukan monitoring rutin ke gampong secara bergilir setiap seminggu sekali beriringan dengan kegiatan gotong royong di gampong setiap hari Jumat bersama lintas sektor. 

"Mudah mudahan dengan kerjasama yang baik dari seluruh Keuchik dan perangkat Gampong penyaluran realisasi DD Tahun ini terlaksana tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat administrasi agar tidak ada kendala nantinya disaat evaluasi dari dinas Terkait Kabupaten Aceh Besar," ucap Basir yang Akrab disapa Embas selaku Camat Krueng Barona Jaya.*

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top