LAMURIONLINE.COM | KOTA JANTHO - Masyarakat Gampong Siron Blang dan Siron Krueng di Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar merasa senang dan bersyukur atas dibangunnya jembatan gantung yang menghubungi kedua desa tersebut. Jembatan gantung sepanjang 120 meter tersebut dibangun Balai Pembangunan Jalan Nasional Aceh melalui aspirasi Anggota DPR RI asal Aceh, Irmawan.

"Kami masyarakat di desa terpencil sangat berterima kasih kepada Pak Irmawan dan Pak Bupati yang sudah memberikan kami pembangunan jembatan," kata Karuna, masyarakat Gampong Siron Blang yang hadir di lokasi peresmian jembatan gantung Siron, Rabu, (11/1).

Karuna mengatakan, kehadiran jembatan gantung tersebut begitu bermanfaat dan membuat mereka bahagia. Dulu, sebelum jembatan tersebut dibangun, untuk melaksanakan berbagai aktivitas harian masyarakat harus menyebrangi sungai agar mencapai kampung seberang.

"Dulu saat nyebrang pakai rakit kadang-kadang ada yang hanyut sandal, terlengkup, bahkan ada anak-anak yang hanyut," kata Karuna.

Karuna mengaku hadirnya jembatan tersebut membuat mobilitas masyarakat lebih cepat. 

"Kalau ada orang sakit bisa langsung kita bawa pakai sepeda motor sebrangi sungai lewat jembatan, tidak perlu lagi putar jauh lewat waduk." ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPR RI asal Aceh, Irmawan, mengatakan, pembangunan jembatan gantung tersebut diperjuangkan pihaknya setelah melihat sejumlah aktivitas warga dan anak sekolah yang harus menyebrangi sungai menggunakan rakit beberapa tahun lalu. Ia berharap hadirnya jembatan tersebut dapat mengurangi beban masyarakat.

"Kami merasa terpanggil untuk membangun Aceh Besar, karena menjadi anggota DPR RI hari ini tidak terlepas dari doa dan dukungan masyarakat Aceh Besar," ujar Irmawan.

Dalam kesempatan itu, Irmawan juga berpesan kepada Keusyik Gampong Siron Blang dan Siron Krueng agar mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat jembatan tersebut, sehingga dapat selalu bertahan dan digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Lebih lanjut, kata Irmawan, selain membangun jembatan Siron, dirinya juga memberikan berbagai program pembangunan lainnya di Aceh Besar melalui aspirasinya sebagai anggota DPR RI. Diantaranya merenovasi rumah masyarakat yang tidak layak huni.

"Sampai hari ini hampir mencapai angka seribu rumah tidak layak huni yang kita renovasi di Kabupaten Aceh Besar, mudah-mudahan bisa mengangkat harkat martabat masyarakat," kata Irmawan.

Selain itu, Irmawan juga membantu masyarakat Aceh Besar di sektor pertanian. Seperti memberikan alat dan mesin pertanian berupa pengering padi dan traktor. 

"Kami merasa bertanggungjawab untuk berkontribusi pemikiran dan upaya untuk membangun masyarakat Aceh Besar." demikian sebut Irmawan anggota DPR RI asal Aceh. (Munawar/rel)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top