lamurionline.com - Aceh Besar - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar melalui seksi penyelenggara haji dan umrah melaksanakan seleksi tes calon petugas haji tahun 1444 hijriah/2023 masehi di aula gedung pusat layanan haji dan umrah (PLHUT) Kota Jantho, rabu (25/1) dan di buka oleh Kepala Kankemenag Aceh Besar H Salman Arifin SPd MAg.

Dalam laporan ketua panitia yang juga Kasi PHU Az Zahri SH MH, kegiatan tes calon petugas haji di ikuti oleh 35 aparatur sipil negara (ASN) dengan rincian formasi, untuk calon petugas kloter:  ketua kloter (TPHI) 10 peserta, pembimbing ibadah (TPIHI) 3 peserta. 

Adapun untuk petugas haji non kloter (PPIH Arab Saudi) di ikuti oleh 22 peserta : 12 akomodasi, 3 konsumsi, 6 transportasi dan 1 pembimbing ibadah. Seleksi yang di laksanakan ini untuk tingkat Kabupaten/Kota dan para peserta telah melalui proses seleksi administrasi.

Lebih lanjut Az Zahri menjelaskan bahwa tes calon petugas haji  menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAR), sistem seleksi dengan alat bantu komputer atau android yang di gunakan untuk mendapatkan hasil yang memenuhi standar minimal kompetensi. 

Dari hasil tes CAT akan di pilih 6 peserta dengan nilai terbaik untuk mengikuti tahapan seleksi yang akan di laksanakan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Aceh, yaitu 2 TPHI, 2 TPIHI dan 2 PPIH Arab Saudi.

Dalam sambutannya Kakankemenag Aceh Besar H Salman menyampaikan bahwa seluruh peserta mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi petugas haji melalui persaingan yang sehat dan dapat di pertanggung jawabkan, kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses rekrutmen petugas untuk menjunjung tinggi nilai nilai sportifitas, fair dan profesional.


Turut hadir dalam acara pembukaan dan proses pengawasan seleksi petugas haji Kasubbag tata usaha H Khalid Wardana, Kasi Bimas Islam H Akhyar dan staf seksi PHU.(Cek Man/Khalid)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top