*Ada Lomba Do Da Idi*

Para Juara MTQ

LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Penutupan Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke II Tingkat Gampong Lampanah Tunong Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar di kompleks Meunasah setempat berjalan lancar dan meriah, Selasa (24/01) malam. 

Pantauan Redaksi Lamurionline.com, di lapangan, seluruh masyarakat Gampong Lampanah Tunong tumpah ruah di depan panggung utama MTQ yang telah digelar sejak 18 - 22 Januari 2023 itu

Ketua Panitia Pelaksana, Danil Rahmat SPd menyebut pelaksanaan MTQ kali ini lebih meriah dibandingkan dengan tahun lalu, dimana antusias masyarakat dan semangat peserta terlihat selama pelaksaan berlangsung.

Danil menambahkan ada beberapa cabang menarik yang dilombakan pada MTQ Kedua ini, diantaranya cabang Do Da Idi atau ayoen aneuk yang diikuti oleh para ibu rumah tangga menyedot perhatian masyarakat, dimana tahun lalu cabang ini tidak digelar. Selain do da idi, cabang lomba lain yang ikut dipentaskan yaitu, Tilawah tingkat MIN dan SMP, Tahfiz tingkat TK, MIN dan SMP, Hafalan Huruf Hijaiyah tingkat TK, pidato, shalat jenazah, Hafalan sifat 20 dan cerdas cermat. 

“Walaupun selama beberapa malam diguyur hujan deras, namun  tidak mematahkan semangat warga untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan” ujar Danil Rahmat.

Selaku Ketua Panitia, Danil menyampaikan terimakasih kepada muspika plus yang telah ikut mendukung kegiatan, terutama panitia yang telah bekerja keras. 

“Dukungan masyarakat yang antusias menyaksikan aneka ragam perlombaan sebagai bagian dari suksesnya acara. Begitupun kepada perangkat desa” sebut Danil 

Danil berpesan kepada orang tua untuk terus memberikan semangat untuk meningkatkan prestasi anak sangat penting. Selain itu Danil meminta bimbingan dan arahan dari tokoh masyarakat agar pelaksanaan MTQ ke depan tetap bisa dilaksanakan untuk memajukan gampong serta meningkatkan SDM. 

Sekcam, Khairul Fajri ST memberikan hadiah

Sementara itu, Keuchik Gampong Lampanah Tunong, Fajri Bintang dalam sambutannya mengatakan, dengan ajang lomba di MTQ ini, anak-anak bisa tahu tingkatan ilmu dan kemampuan nyang dimiliki serta terus mengasah kemampuannya. 

“Yang juara tingkatkan lagi, yang tidak juara juga jangan patah semangat. Jika ada pembinaan atau pelatihan terkait MTQ di tingkat kecamatan orang tua bisa memberikan dukungan dengan dibantu perangkat desa, karena Ilmu dan syiar ini bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari hari. 

“Tahun depan mudah-mudahan semakin meriah dan kita siap dukung” sebut keuchik Fajri.

Keuchik Fajri menyebutkan bahwa Pelaksanaan MTQ adalah momentum tahunan yang mulia untuk membumikan Al-Qur'an, meningkatkan jejak-jejak peradaban yang di tandai dengan berubahnya pola pikir, kebiasaan dan karakter untuk mendalami kandungan isi Al-Qur'an yakni dari pemikiran sempit kepada pemikiran yang maju dan terbuka.

antusias warga

Hal senada disampaikan, Imam Meunasah Gampong Lampanah Tunong, Tgk Junaidi Razali, seraya memberikan nasehat dan pencerahan bahwa dalam kegiatan agama tidak ada kata menang atau kalah, semuanya akan menang jika kita berlomba lomba untuk kebaikan dan mengharap Ridha Allah. 

“Yang mulia di sisi Allah SWT adalah yang bertaqwa. Tingkatkan ibadah kita termasuk shalat berjamaah terutama shalat shubuh” ajak Tgk Junaidi

Sementara Imum Mukim Reukih, Mahya Zakwan SAg, yang turut hadir dan menyampaikan sambutan pada kesempatan itu mengharapkan agar setiap gampong di Kecamatan Indrapuri bisa menghidupkan syiar agama seraya memberikan apresiasinya.

“Kita sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini. Saat ini ada dana desa tapi ada gampong belum siap untuk melaksanakan kegiatan peningkatan SDM untuk membentuk karakter generasi yang baik. Padahal kegiatan seperti ini dibolehkan dan diatur dalam regulasi agar anak tidak idak lalai dengan kegiatan negatif. Selain itu ukhuwwah dan tali persaudaraan akan terjaga ke depannya melalui momentum lomba seperti ini” tutur Mahya yang saat ini juga menjabat Ketua APDESI Kecamatan Indrapuri.

Lebih lanjut, Camat Indrapuri yang diwakili Kabag Keuangan, Hendra Saputra sebelum menutup kegiatan, atas nama Pemerintah Kecamatan mengapresiasi apa yang dilakukan Gampong Lampanah Tunong. Hendra juga mengingatkan kepada para juara, agar jangan cepat berpuas diri. 

“Untuk itu, teruslah memacu diri dan lebih giat lagi berlatih dan belajar pada cabang-cabang Musabaqah yang di tekuni supaya di MTQ Tingkat Kecamatan maupun Kabupaten peserta juga bisa meraih prestasi” ucapnya.

tamu undangan

Ketua Panitia, Danil Rahmat SPd

Keuchik Gampong Lampanah Tunong, Fajri Bintang

Imum Mukim Reukih, Mahya Zakwan, S.Ag

“MTQ ke-2 Tingkat Gampong Lampanah Tunong Kecamatan Indrapuri telah melahirkan para juara pada masing-masing cabang yang dilombakan dan untuk itu dengan rasa bangga saya mengucapkan selamat dan apresiasi atas prestasi yang sudah di raih oleh Qori dan Qori'ah, Hafidzh dan Hafidzah dan secara resmi saya tutup MTQ ini, Semoga Berkah” sambungnya.

Hadir dalan acara penutupan ini diantaranya Sekcam, Khairul Fajri ST, koramil, polsek, ketua LPTQ Kecamatan Indrapuri, Akhi Fakhrizan, mewakili Imam Masjid Asy Syuhada Lampanah, Tgk Mukam Zahri SAg, para keuchik se Kemesjidan Asy Syuhada Lampanah, Tuha Peut Gampong Lampanah Tunong, TP PKK, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pendidikan, Tokoh Pemuda, serta seluruh tamu undangan dan segenap Panitia Pelaksana

Adapun SK juara pada cabang Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an dibacakan Koordinator Dewan Hakim, Ahmad Afdhil SE dan dilanjutkan dengan pembagian hadiah dan tropi kepada para peserta. 

Liputan: Cek Abrar - Cek Man

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top