lamurionline.com -- Kota Jantho -- Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, SSTP MM meresmikan mess milik Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) di Kecamatan Pulo Aceh menjadi penginapan komersil yang dapat diakses siapa saja. 

Peresmian penginapan yang diberi nama Belimbing itu berlangsung di Gampong Lampuyang, Pulau Breuh, Kecamatan Pulo Aceh, Minggu (29/1/2023). 

Dalam kesempatan itu, Iswanto  didampingi Kepala BPKS  Junaidi, Sekda Aceh Besar Sulaimi, Pj Ketua TP-PKK Aceh Besar  Cut Rezky Handayani, Camat Pulo Aceh Jamaluddin, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Aceh Besar. 

Iswanto menyambut baik langkah BPKS menjadikan mess tersebut sebagai penginapan. Ia berharap keberadaan penginapan tersebut dapat menjadi sarana penunjang bagi pengunjung dan wisatawan yang datang ke Pulo Aceh. 


"Tempat penginapan merupakan fasilitas penunjang yang penting untuk mendukung kemajuan destinasi wisata," kata Iswanto. 

Sementara itu, Kepala BPKS, Junaidi, menjelaskan, seiring beralihnya status BPKS menjadi Badan Layanan Umum (BLU), maka mess tersebut beralih fungsi menjadi penginapan komersil. Sejak tahun 2016, bangunan tersebut hanya diperuntukkan sebagai kantor perwakilan BPKS Pulo Aceh sekaligus mess untuk pejabat dan karyawan BPKS. 

Selain itu, kata Junaidi, pemilihan nama Belimbing untuk penginapan BPKS itu merupakan bentuk kepedulian terhadap kearifan lokal  dan menjadi salah satu ikon Pulau Breuh, Kecamatan Pulo Aceh.

"Belimbing adalah salah satu  jenis penyu yang ada dan berkembang di Pulau Breuh dan sudah dan salah satu satwa langka yang masuk dalam program konservasi dan dilindungi," katanya. 


Junaidi menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kehadiran Pj Bupati Aceh Besar ke mess BPKS. Ia berharap sinergi program kerja dengan Pemkab Aceh Besar dapat terus dilakukan untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat kawasan Sabang, khususnya Pulo Aceh. (Sayed M. Husen)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top