LAMURIONLINE.COM | KOTA JANTHO - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Krueng Barona Jaya mencatat dua peristiwa pernikahan, Rabu (23/2) yang dilaksanakan di aula KUA setempat.

Kepala KUA Kecamatan Krueng Barona Jaya, Drs Chairul Azman BK mengatakan pernikahan merupakan amanah yang berat, sebab saat ijab kabul terjadi, arasy akan berguncang. 

"Maka siapkan diri untuk memikul beban ini," jelas Drs Chairul Azman saat khutbah nikah, di KUA setempat, Kabupaten Aceh Besar.

Ia mengingatkan, pernikahan bukan kegiatan main-main atau sepele. Tetapi nikah itu punya nilai tinggi di sisi Allah.

"Perjanjian suci yang kokoh, seperti disebutkan dalam Quran," tegasnya.

Drs Chiarul Azman mengingatkan calon mempelai agar menjaga pernikahan semaksimal mungkin setelah ijab kabul nanti. Caranya, saling menghormati dan bermusyawarah dalam masalah. Ketika diuji, tetap bersabar setiap cobaan yang Allah berikan. 

Selain itu, ujarnya, ijab kabul mengandung nilai ibadah. Maka niatkan sebaik mungkin sejak detik ini. Banyak kasus dalam rumah tangga disebabkan niatnya tidak baik. 

"Maka niatkan semata-semata karena Allah. Nilai ibadah dalam nikah akan menjadi amal untuk mengantarkan pasangan untuk hidup sejahtera dunia dan akhirat," ujar Chairul Azman yang pernah menjabat kepala KUA Kecamatan Ingin Jaya.

Nikah ini amanah, kata Drs Chairul Azman, yaitu amanah Allah dan wali. Maka jaga amanah ini dengan cara melaksanakan kewajiban Allah. Jika sudah memenuhi kewajiban, tentu akan terpenuhi hak-hak setiap pasangan. (abu teuming/rel)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top