Camat Krueng Barona Jaya, M Basir SSTP MSi

lamurionline.com -- Kota Jantho – Kecamatan Krueng Barona Jaya (KBJ) menjadi satu-satunya kecamatan tercepat dalam penyaluran Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG) tahun 2023.

Camat Krueng Barona Jaya, M Basir SSTP MSi, mengatakan, realisasi APBG di KBJ sudah mencapai 75 persen, dari 12 Gampong (desa-red), pengajuan dari camat 11 gampong dengan demikian presentase capaian KBJ sudah 91,67 persen.

“Untuk pengajuan ke KPPN dua gampong, sedangkan yang sudah SP2D sebanyak sembilan gampong, satu gampong belum ada bahan, jadi, secara keseluruhan sudah 75 persen, ini patut di contoh bagi gampong lainnya,” kata pria yang karib disapa Embas.

Lebih lanjut Camat KBJ juga mengatakan, pihaknya melakukan monitoring rutin ke gampong secara bergilir setiap seminggu sekali beriringan dengan kegiatan gotong royong di gampong setiap hari Jumat bersama lintas sektor.

“Mudah mudahan dengan kerjasama yang baik dari seluruh Keuchik dan perangkat Gampong penyaluran realisasi DD tahun 2023 ini terlaksana tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat administrasi agar tidak ada kendala nantinya disaat evaluasi dari dinas terkait Kabupaten Aceh Besar,” terang Basir.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, SSTP, MM, melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Aceh Besar, Carbaini, SAg, mengatakan, Pemkab telah mengajukan usulan pencairan DD (Dana Desa) untuk 283 gampong. Sebelumnya 126 Gampong telah cair dengan nilai Rp 27.967.106.700.

“Sedangkan gampong lainnya masih menunggu proses penerbitan SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) di KPPN Banda Aceh serta 72 gampong sudah menyelesaikan klarifikasi dokumen APBG ke DPMG dan sedang melakukan proses penyempurnaan dokumen,” ujarnya.

Diharapkan dalam waktu dekat ini bisa segera disampaikan kepada Camat untuk selanjutnya diajukan pencairan dana desa atau DD tahap I dan juga BLT TW I 2023.

“Sedang kita ajukan usulan pencairan untuk 283 gampong, Sebelumnya 126 gampong telah cair dengan nilai Rp 27.967.106.700,” sebutnya.

Carbaini juga mengatakan, Kecamatan Krueng Barona Jaya menempati persentase penyaluran DD tertinggi, yakni 75 persen atau sembilan gampong sudah cair ke RKG, 2 gampong masih menunggu SP2D di KPPN, dan tersisa satu gampong lagi yang belum menetapkan APBG TA 2023.

Diposisi kedua adalah Kecamatan Baitussalam dan Kecamatan Lembah Seulawah di peringkat ketiga. Carbaini meminta gampong yang belum mengajukan penyaluran DD agar segera merampungkan Qanun APBG 2023.

“Gampong lainnya kita harapkan untuk segera merampungkan Qanun APBG 2023,” pintanya.

Ia mengatakan jika APBG sudah ditetapkan, maka segera disalurkan DD tahap I dan BLT TW I kepada masyarakat penerima manfaat menjelang Ramadhan nanti. Kepala DPMG mengucapkan terima kasih kepada pihak Gampong, Camat, BPKD, KPPN Banda Aceh, TPP Aceh Besar dan seluruh staf di DPMG Aceh Besar.

“Terima kasih banyak atas arahan dan dukungan Pj Bupati Aceh Besar dan seluruh Tim Pembina Penyaluran Dana Desa,” tutupnya.(Cek Man/*)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top