Oleh: Akhi Fakrizan

Ketua LPTQ Indrapuri

Dalam Hidup kita Setiap kegiatan  dilaksanakan yang itu bermanfaat untuk umat, Insya Allah akan bernilai ibadah menjadi amal hari akhirat kelak. Apalagi di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini akan Allah lipat gandakan nilai pahala. Awali niat kita dalam melaksanakan kegiatan bersifat positif itu karena Allah. Bulan Ramadhan adalah syahru at-tarbiyah atau bulan pendidikan, karena kita berpuasa kita dididik dan dilatih berbagai hal, diantaranya adalah pendidikan kedisiplinan, seperti kedisiplinan pada waktu berbuka, makan sahur dan disiplin menaati aturan yang tidak membatalkan puasa. Namun dalam tema kali ini saya lebih mengupas pada konteks tentang pendidikan rasa sosial sesama, berjiwa sosial tinggi.

Alhamdulillah seluruh tempat-tempat ibadah, musalla, masjid dan tempat pengajian semua kita melihat hidup syiar islam, sebagaimana pantauan saya selaku Ketua Lembaga Pembinaan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kecamatan Indrapuri. Ada beberapa remaja masjid, juga meunasah akan dan sedang melaksanakan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), buka puasa bersama dengan anak yatim atau dompet peduli yatim. Selain itu juga ada kegiatan pesantren kilat atau training. Ini semua adalah wujud sebuah pendidikan dan rasa sosial kepedulian sesama dibulan mulia ini. Kita berharap semoga semua kegiatan yang dilaksanakan bisa juga diaplikasi diluar ramadhan nantinya. Mari kita tumbuhkan sikap kepedulian sosial dan mempererat tali persaudaraan dalam hidup bermasyarakat.

Di kecamatan Indrapuri sendiri, ada 13 masjid dan beberapa meunasah akan dan ada yang sedang mengadakan  MTQ. Saya berharap kepada remaja masjid atau meunasah mari kita selalu penuh kebersamaan dalam segala kegiatan-kegiatan yang bernuasa sosial. Kita juga berharap dengan momentum MTQ ini masyarakat termotivasi mendidik anak-anaknya lagi lebih dekat dengan pendidikan agama seperti belajar di TPA yang selama ini sudah berjalan, belajar tilawah dari usia dini. Dan kami selaku Pengurus LPTQ Indrapuri setelah Idul fitri tahun ini akan mengirimkan peserta hasil STQ bulan Februari kemarin untuk menuju STQ Kabupaten Aceh Besar. Kita juga akan mengadakan MTQ Kecamatan Indrapuri tingkat kemasjidan, semoga ini menjadi motivasi bagi anak-anak generasi masa depan dan orangtua pada khususnya. Setelah MTQ, InsyAllah LPTQ punya program unggulan yakni pembinaan lanjutan bagi anak masyarakat yang mau belajar tilawah dan tahfidh dalam rangka persiapan bibit menuju MTQ 2025 nanti. Semoga!

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top