Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM didampingi Kadis Sosial Bahrul Jamil SSos MSi menyerahankan bantuan Pemkab Aceh Besar secara simbolis untuk 14 orang korban bencana alam dan sosial tahun 2023, di Aula Dekranasda Aceh Besar, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Kamis (20/4/2023).

lamurionline.com -- Kota Jantho -- Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP.MM memberikan bantuan kepada 14 korban bencana alam dan sosial tahun 2023 di wilayah Aceh Besar. Bantuan berupa uang tunai tersebut diserahkan langsung oleh Muhammad Iswanto di Aula Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Besar, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Kamis (20/4/2023).

Iswanto mengatakan, bantuan tersebut diserahkan dalam kondisi keuangan daerah yang sangat kurang, tapi Kabupaten Aceh Besar bisa memprioritaskan bantuan ini karena masyarakat benar-benar sangat membutuhkan, terutama korban kebakaran tempat tinggal mereka habis dan berbagai tahapan proses hari ini sudah langsung dibantu dan masuk ke rekening mereka.

"Mudah-mudahan dengan bantuan awal mendorong dari Pemerintah Aceh Besar ini, mereka mulai bisa membangun kembali rumah-rumah mereka yang ditimpa bencana ataupun kebakaran," ujarnya.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menyerahkan bantuan secara simbolis kepada korban bencana alam kebakaran dan angin kencang dalam Kabupaten Aceh Besar tahun 2023.

Iswanto menjelaskan, bantuan untuk meringankan korban bencana tersebut diberikan kepada 14 penerima manfaat dengan total anggaran yang bersumber dari anggaran APBK Aceh Besar pada Dinas Sosial kabupaten setempat dengan total Rp 107 juta.

Adapun bantuan yang diberikan tersebut berkisar dari Rp2 juta sampai Rp10 juta sesuai dengan kondisi kerusakan baik akibat angin kencang dan kebakaran.

“Alhamdulillah bantuan yang telah kita serahkan secara simbolis ini sudah masuk dalam rekening para penerima manfaat, gunakan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Harapannya, kepada penerima bantuan tersebut dapat digunakan semaksimal mungkin dan benar-benar untuk kembali membangun atau memperbaiki rumahnya. “Ya tidak digunakan untuk hal-hal lain dulu," pesan Iswanto.

Iswanto menyampaikan nanti ada tim dilapangan dari TKSK Dinsos Aceh Besar dan dibantu oleh Camat yang akan terus memantau perkembangan pembangunan ini. "Jadi kami harap kepada penerima manfaat supaya bantuan yang telah diberikan agar digunakan terlebih dahulu untuk memperbaiki tempat tinggal," ucapnya.

Untuk masa tanggap darurat sebelumnya pemkab Aceh Besar juga telah membantu korban bencana melalui TKSK Dinsos Aceh Besar dan CSR.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Aceh Besar Bahrul Jamil SSos MSi mengatakan, bantuan untuk korban bencana alam dan sosial tersebut disalurkan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Dia menjelaskan, 14 orang korban penerima bantuan yang diberikan tersebut kepada masyarakat tertimpa musibah di Kecamatan Lhoong, Darul Imarah, Peukan Bada, Krueng Barona Jaya, Mesjid Raya, Darussalam dan Kuta Malaka.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh pilar-pilar sosial yang sudah bekerja maksimal dalam membantu masyarakat tertimpa musibah selama ini dan terus dimasa yang akan datang,” pungkas Bahrul Jamil, Kadinsos Aceh Besar.

Hadir mendampingi para korbang para camat dari penerima bantuan, pejabat di Dinsos Aceh Besar, dan para pilar-pilar sosial. (Sayed M. Husen)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top