lamurionline.com -- Banda Aceh – Dewan Pengurus Wilayah Syarikat Islam (SI) Aceh meluncurkan Program Wakaf Al-Quran dan menggelar buka puasa bersama di Sekretariat SI, pada Sabtu sore kemarin, (8/4/2023), di Banda Aceh.

Wakaf Al-Quran merupakan program perdana yang dilakukan DPW Syarikat Islam Aceh. Adapun sebanyak 179 Al-Quran diwakafkan kepada  Rumah Tahfidz Alkafi Banda Aceh. Namun sebelumnya 20  Al-Quran sudah di wakaf ke para tahfiz lainnya. 

Ketua DPW SI Aceh, Zulmahdi Hasan, dalam sambutannya mengatakan, program Ramadhan 1444 Hijriyah yaitu  waqaf Al Quran yang merupakan sumbangan dari berbagai pihak. 


Menurutnya, Syarikat Islam perlu masuk ke semua lini kehidupan termasuk peningkatan dan penguatan ekonomi umat.  “Perlu sentuhan dari Serikat Islam dalam peningkatan dan penguatan ekonomi umat. Untuk itu, kita akan menjalin kerjasama dengan KADIN Aceh dan lembaga lainnya. Harapan kita, tidak saja di bidang ekonomi, Sarekat Islam akan masuk ke semua lini l, agar  bisa melakukan dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” kata Zulmahdi Hasan. 

Namun, lanjut Zulmahdi, SI bukanlah sebuah partai dan sampai saat ini kapasitas SI menjaga jarak dengan partai, meski anggota dan pengurus SI ada dari kader Partai Nasional dan Lokal Aceh.

"Ormas ini menerima semua lembaga dengan harapan dapat menjalankan program-program kerja Serikat Islam dengan maksimal,” ucapnya.

Lebih lanjut Zulmahdi Hasan menuturkan, Syarikat Islam merupakan organisasi Islam tertua di tanah air yang lahir lahir sebelum Indonesia merdeka yaitu pada 1905. 

Sebagai Ormas tertua, sebab itu kita harapkan pertemuan hari ini lebih dari sekedar silaturahmi, tetapi bagaimana kita bersama-sama mendukung dan mensukseskan program kita untuk kemaslahatan umat. "Termasuk program yang kita launching hari ini, bertepatan dengan 17 Ramadhan yaitu Waqaf Alquran," ujarnya.   

Selesai memberi sambutan singkat, kemudian acara dilanjut dengan mendengarkan tausiah  dari Ustadz Dr. Ir. H. Basri A. Bakar, MSi. Penceramah adalah Peneliti Pertanian dan Sekjen Forum Silaturrahim Kemakmuran Masjid Serantau (Forsimas) Pusat.

Selesai tausiah dilanjutkan berbuka puasa bersama, shalat magrib dan tarawih di mushala Sekretariat DPW Syarikat Islam di Pocut Baren, Banda Aceh.  Turut hadir tokoh  masyarakat Aceh mantan wakil Ketua RUUPA DPR RI , Abu Muhammad  Yus, Ketua KADIN dan Apindo Aceh, serta pengurus Perempuan Syarikat Islam Aceh. (Sayed M. Husen)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top