LAMURIONLINE.COM | ACEH - Dayah Darul Quran Aceh (DQA) yang beralamat di Gampong Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar Kembali menggelar wisuda bagi 158 santri tingkat SMA dan SMP di Gedung UIN Ar-Raniry, Darussalam Banda Aceh, Minggu (21/5).

Para santri tersebut telah menyelesaikan pendidikan selama 3 tahun untuk jenjang SMP dan 3 Tahun Jenjang SMA serta 6 tahun yang menempuh pendidikan Dayah Di Darul Quran Aceh.

Ketua Panitia yang juga Kepala Sekretariat dan Kepegawaian Dayah DQA Ustazah Hammatan Halim, M.Pd dalam laporannya mengatakan prosesi wisuda dilakukan oleh Direktur Dayah DQA, Ustaz Hajarul Akbar, MA bersama dewan nazir, ketua pembina serta kepala lembaga.

Adapun pengukuhan alumni dilakukan oleh ketua Yayasan Wakaf Haroen Aly Ustaz Dr. Muhammad Yasir Yusuf, M.A dan orasi ilmiah disampaikan oleh Rektor UIN Ar Raniry Banda Aceh Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag. 

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MOU bersama Kampus Universitas Islam Negeri Ar Raniry Banda Aceh dengan Yayasan Wakaf Haroen Aly dan Majelis Pendidikan Daerah Kabupaten Aceh dengan Dayah Darul Quran Aceh.

“Alhamdulillah wisuda perdana ini Dayah Darul Quran Aceh mewisuda 39 santri yang telah menyelesaikan pendidikan selama 6 tahun. Juga pelepasan santri tingkat SMP sebanyak 119 santriwan dan santriwati yang telah mengenyam pendidikan selama 3 tahun,”kata ustazah Hammatan.

Pada kesempatan tersebut Direktur Dayah Darul Quran Aceh Ustaz Hajarul Akbar, MA mengucapkan terimakasih kepada orangtua santri yang telah mendukung hingga 6 tahun belajar di dayah tersebut 

“Kepada santri yang hari ini diwisuda, mudah mudahan ilmunya kelak bermanfaat bagi agama nusa dan bangsa. Saat ini kita belum bisa melihat secara langsung manfaat pendidikan yang sudah ananda tempuh di DQA tapi kita harus yakin dan percaya InsyaAllah 10 atau 15 tahun kedepan mereka akan jadi generasi yang ditunggu-tunggu kehadirannya oleh masyarakat," ucap Ustaz Hajarul.

Kegiatan ini juga diisi dengan orasi ilmiah yang disampaikan oleh Rektor Universitas Islam Negeri Ar Raniry Banda Aceh, Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag. Dalam orasi yang berjudul "Mewujudkan Generasi Emas Melalui Pendidikan Karakter" rektor menyampaikan bahwa generasi yang menempuh pendidikan hari ini merupakan generasi yang harus kita siapkan masa depannya agar menjadi generasi emas di tahun 2045.


“Generasi emas ini merupakan generasi yang cerdas, kreatif, inovatif dan produktif. Selain itu juga berkarakter, kuat damai dalam berintegrasi sosial serta berperadaban tinggi," kata Prof Mujib.

Dalam kegiatan tersebut Ketua Yayasan Wakaf Haroen Aly, Dr. Muhammad Yasir Yusuf, M.A juga mengucapkan ribuan terima kasih kepada mitra mitra yang telah berhadir dan mendukung terlaksananya pendidikan yang dibawah naungan YWHA, 

“Semoga kami para nazir wakaf yang hari ini mengelola harta ummat dapat menjalankan amanah dengan sebaik baiknya,”pungkasnya

Dalam acara wisuda dan pelesanan tersebut juga diumumkan siswa yang telah menyelesaikan hafalan Al Quran 30 Juz, Santri Berprestasi dan Santri yang khidmat mampu menjadi terbaik di bidang Al Quran. (murdani/rel)

Adapun nama nama santri sebagai berikut

Khatam Hafalan Al-Quran 30 Juz :

1. Azfa Ferza Akbar bin Ahmad Azmisyah

2. Ahmad Qassam Amrul Haq bin Suherman

3. Haziqul Ilmi bin Nasrul sufi

4. Muhammad Ashraf Afif bin Afifuddin

5. Wafdan Muhammad bin eriadi

6. Muhammad Hanif Abdurrahman bin Abdul Rahman

7. Hafiyan Khalis bin Saiful Anwar


Prestasi Akademik :

SMP

1. M.Adib Elhardy

2. Ade Naylan Sadida 

3. Muda bahagia


SMA

1.  Haziqul Ilmi Nasya

2. Muhammad Ghufran Maulana Hendra

3. Muhammad Zuhdan Ansharulhaq


Prestasi Khidmat Al-Quran :

SMP

1. Muhammad Zafran 

2. Hafiyan Khalis

3. Haura Tazkia

4. Muhammad Kaysan


SMA

1. Naufal Zakki Alghifari Hasyim

2. Muhammad Mahadhir Asnawi

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top