lamurionline.com -- KOTA JANTHO - Pawai karnaval yang diikuti ribuan pelajar, mulai dari murid Taman Kanak Kanak hingga siswa SMP se Aceh Besar, mewarnai rangkaian acara Peringatan HUT ke-39 Kota Jantho, Rabu (03/05/2023) hari ini.

Ribuan warga Kota Jantho dan sekitarnya memadati sepanjang rute pawai yang melintasi jantung Kota Jantho . Mereka tampak antusias menyaksikan pawai tersebut.

Pawai karnaval yang diikuti para siswa jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar serta Kemenag Aceh Besar itu juga dalam kaitan memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Rute karnaval melewati  jalan utama dan depan Masjid Al-Munawwarah Kota Jantho. Tampak ribuan masyarakat, terutama orangtua siswa serta warga setempat menyaksikan pawai karnaval yang diikuti ratusan siswa dengan mengenakan berbagai jenis pakaian muslim/muslimah dan pakaian adat tersebut. Masyarakat juga mengabadikan momen tersebut untuk memfoto maupun merekam kegiatan yang diikuti ratusan siswa itu. 


Ruas jalan utama di seputar Kota Jantho sempat macet beberapa saat ketika pawai karnaval berlangsung. Hal ini mengingat banyaknya masyarakat yang hadir serta antusias menyaksikan kegiatan tersebut. Apalagi, pawai karnaval sudah beberapa tahun terhenti menyusul terjadinya pandemi Covid-19.

Para siswa terlihat sangat antusias mengikuti pawai karnaval. Hal ini mulai tampak sejak pukul 08.00 WIB, saat siswa diantar orangtua mereka untuk menyusun barisan di komplek Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar. Pawai karnaval dimulai sekitar pukul 10.30 WIB, seusai Upacara HUT ke-39 Kota Jantho yang dipusatkan di Lapangan Bungong Jeumpa dengan bertindak selaku Inspektur Upacara, Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM.

Menurut Pj Bupati, acara tersebut memiliki makna yang mendalam, yakni bertambahnya usia Kota Jantho dan usia pendidikan nasional. “Kedua event ini merupakan sebuah amanah dari pejuang bangsa yang harus dilaksanakan untuk menyongsong masa depan yang lebih baik. Mari kita selalu meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT,” ujar Pj Bupati, seraya berharap, agar generasi muda Aceh Besar terus giat dalam menuntut ilmu demi memajukan pembangunan daerah di masa kini dan masa-masa mendatang. (Cek Man/*)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top