LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (PMG) Kecamatan Kuta Malaka, Irmansyah Ridwan SKom membudidayakan tanaman melon dipekarangan rumahnya sendiri di Gampong Tumbo Baro Kecamatan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar. Saat ini tanaman melonnya sudah berusia 33 Hari Setelah Tanam (HST) dan lahan yang ditanami melon juga dilengkapi dengan system irigasi tetes, sehingga kita tidak perlu menyiram secara manual, diperkirakan melon ini panen pada 65-70 HST. Pekarangan yang ditanami melon ini seluas lebih kurang 100 M2 dengan jumlah populasi melon + 200 batang dengan jenis Madesta F1 dengan daging orange.

Menurut Kasi yang akrab disapa dengan Irman yang kami temui di lokasi, Sabtu (17/6) menyampaikan tujuan dari budidaya melon dipekarangan rumah yaitu untuk memanfaatkan pekarangan rumah yang kosong untuk ditanami berbagai macam tanaman yang bermanfaat. Di samping untuk meningkatkan pendapatan keluarga juga bisa untuk makanan tambahan berupa gizi apabila ditanami sayur sayuran, hingga bisa mencegah atau menurunkan stunting dan bisa membantu program pemerintah.



"Budidaya melon salah satu contoh bagi masyarakat bagaimana memanfaatkan pekarangan rumah yang sebelumnya tidak ditanami hingga ada tanamannya. Hal ini bisa juga menjadi pemikiran baru pemerintah gampong dalam upaya mengatasi stunting dengan upaya menanam tanaman yang bergizi di halaman rumah sehingga keluarga tidak perlu lagi membeli sayur atau buah. Apabila memungkinkan kegiatan ketahanan pangan di gampong juga bisa dilakukan dengan program seperti itu, semisal pelatihan budidaya hidroponik dan pengadaan alat/bahan pendukung budidaya sistem hidroponik di halaman rumah masing-masing warga. Disamping bisa memenuhi kebutuhan gizi juga bisa menambah pendapatan keluarga" pungkasnya.

"Nantinya program tahun ke depan kita juga berpikir bagaimana digampong-gampong bisa memanfaatkan pekarangan yang kosong untuk ditanami dengan berbagai macam tanaman baik sayur mayur ataupun tanaman holtikultura lainnya sehingga penggunaan dana desa bisa lebih bermanfaat dan berdaya guna. Apabila diperlukan maka kita bisa bekerja sama dengan pihak Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar untuk melakukan pembinaan secara langsung" demikian sebut Irman, Kasi PMG Kecamatan Kuta Malaka.*

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top