lamurionline.com -- Kota Jantho -- Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM menyerahkan bantuan dari Baitul Mal Aceh (BMA) kepada Dayah Islahuddin Al-Amiriyah Gampong Cot Madhi, Kecamatan Blang Bintang, yang mengalami musibah kebakaran. Bantuan yang diberikan berupa uang tunai sebesar Rp 20 juta itu diterima langsung Pimpinan Dayah Islahuddin Al Amiriyah Waled Maidi Asra  di Balai Komplek Dayah setempat, Kamis (1/6/2023). 

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, mengatakan, musibah kebakaran yang menimpa Dayah Islahuddin merupakan cobaan dari Allah. “Maka untuk itu sebagai hamba kita dituntut untuk harus tetap bersyukur. Setiap musibah pasti ada hikmahnya, apalagi ini terjadi di penghujung bulan Ramadhan,” kata Muhammad Iswanto, usai menyerahkan bantuan dari BMA.

Iswanto mengungkapkan, setelah mendapatkan informasi tentang musibah kebakaran Dayah Islahuddin Al Amiriyah, dirinya langsung menghubungi Dinas Sosial Aceh Besar untuk berkoordinasi dengan BMA untuk meminta bantuan. “Alhamdulillah, hari ini bantuan bisa kita salurkan. Mudah-mudahan dengan bantuan ini, aktivitas belajar mengajar bisa kembali seperti biasa, tentu dengan dukungan dari kita semua," ujarnya. 


Selain itu, bantuan tersebut merupakan respon cepat Pj Gubernur Aceh terhadap surat yang disampaikan dirinya selaku Pj Bupati untuk permohonan bantuan bagi para korban kebakaran dan angin kencang di Aceh Besar. "Kami langsung mengirimkan surat permohonan kepada Pak Pj Gubernur dan Alhamdulillah Pak Pj Gubernur langsung merespon dan merealisasikan bantuan melalui BMA," ungkapnya. 

Masih di tempat yang sama, Kepala Bagian (Kabag) Pemberdayaan Baitul Mal Aceh Abdussalam SSos MSi, menjelaskan, BMA setiap tahunnya menganggarkan dana zakat pada senif gharimin untuk masyarakat yang sedang tertimpa musibah bencana alam. “Alhamdulillah sejauh ini BMA selalu hadir untuk membantu masyarakat Aceh yang sedang tertimpa musibah,” tuturnya. 

Dia menambahkan, zakat yang disalurkan itu merupakan titipan dan amanah muzakki yang telah mempercayakan zakatnya pada BMA. BMA pun akan terus berkomitmen agar zakat dan infak yang akan disalurkan dapat diterima tepat sasaran sesuai ketentuan syariah. 

“Bantuan yang kita salurkan memang tidak terlalu besar, namun jangan dilihat besar kecilnya jumlah bantuan tersebut. Ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah  melalui Baitul Mal Aceh dan juga bentuk kepedulian kita sesama muslim. Semoga bantuan ini dapat mengurangi beban yang sedang dialami,” pintanya. 

Dia juga mengatakan selama ini pihaknya terus bersinergi dengan Baitul Mal Aceh Besar dalam melakukan pendataan warga yang berhak mendapatkan bantuan dari dana zakat Baitul Mal. "Baitul Mal Aceh bersinergi dengan Baitul Mal Aceh Besar, mulai dari pendataan warga yang tertimpa musibah, penyaluran bantuan hingga memastikan bantuan dimanfaatkan dengan baik oleh warga," jelasnya.

Sementara itu, Pimpinan Dayah Islahuddin Al-Amiriyah Waled Maidi Asra mengatakan, pihaknya sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh Pemkab Aceh Besar dan BMA. 

“Alhamdulillah, terima kasih atas bantuannya, kami merasa terbantu dan mendapatkan perhatian dari Pemerintah. Semoga diganti yang berlipat oleh Allah Swt dan terima kasih tak terhingga juga kepada semuanya yang telah hadir dan membantu saya,” katanya usai menerima bantuan 

Lebih lanjut, Waled Maidi Asra menjelaskan, awal musibah kebakaran menimpa dayah yang dia pimpin terjadi pada 14 April 2023 bertepatan dengan 24 Ramadhan 1444 H. Tapi, sangat bersyukur, pada saat musibah tersebut tidak ada korban jiwa. “Karena, waktu melihat adanya kobaran api, para santri dan warga langsung mencari bantuan untuk memadamkan api," pungkasnya. 

Turut hadir perwakilan Baitul Mal Aceh Besar,  Sekertaris Dinas Sosial Aceh Besar, Camat Blang Bintang, Kabag Prokopim Pemkab Aceh Besar, Imum Mukim Blang Bintang, Keuchik Gampong Cot Madhi dan para pengurus Dayah Islahuddin Al Amiriyah. (Sayed M. Husen) 

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top