* Lahirkan 13 Hafidz Hafidzah


lamurionline.com -- Kota Jantho – SMP Negeri Ali Hasjmy menggelar Tasyakur untuk siswa siswi program Sistem Pendidikan Terpadu (SPT) dan perpisahan Kelas IX, di Aula sekolah setempat, Kamis (15/6/2023).

Tasyakur dilaksanakan untuk memberi penghargaan bagi siswa yang telah menyelesaikan hafalan 1 dan 2 juz dalam program SPT.

SMP Negeri Ali Hasjmy sebagai salah satu sekolah penyelenggara program SPT (Sistem Pendidikan Terpadu) yang telah dicanangkan Pemda Aceh Besar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2018/2019. 

Program ini sangat membantu dalam penuntasan baca tulis Alquran, pendalaman materi PAI terutama bidang prakteknya, dan penguatan karakter siswa di sekolah.

Kepala SMP Negeri Ali Hasjmy, Fakhruddin, S.Ag., MA dalam sambutannya menyatakan bahwa dalam tasyakur kali ini ada 13 dari 106 siswa yang telah menyelesaikan hafalan 1 dan 2 juz.

“Capaian ini sangat signifikan setelah sekolah melaksanakan program SPT dengan cara yang berbeda seperti sekolah lainnya, dimana pelaksanaan SPT tidak berbasis kelas, tetapi berbasis kelompok kemampuan, “katanya.

“Bila ada siswa yang masih belum tuntas Iqra’ 1, maka dia akan ditempatkan pada kelompok yang sama meski beda kelas. Jadi tidak tertutup kemungkinan kelompok tersebut ada siswa dari kelas 7, 8, atau bahkan 9. 

Kelompok kemapuan siswa dibagi menjadi kelompok Iqra’, Tahsin 1, Tahsin 2, Tahfidz, dan kelompok Qari bagi yang ada bakat di bidang itu,” sambung Fakhruddin.

Kepala Bidang Dikdas, Safrizal, S.Sos mewakili Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar menyampaikan pesan bahwa program SPT ini sangat strategis dalam upaya peningkatan karakter siswa serta penuntasan baca tulis Al-Quran di Aceh Besar.

Terkait dengan perpisahan kelas 9, ia berpesan agar para alumni tetap menjaga aqidah yang benar kemanapun mereka melanjutkan pendidikan dan tetap menjadi anak saleh yang berbakti kepada orang tua dan hormat kepada guru.

Secara terpisah plt Kadisdikbud Aceh Besar, Agus Jumaidi MPd mengajak kita semua untuk mendukung dan saling bersinergi dalam menerapkan program SPT.

“Apalagi program SPT ini sudah diqanunkan oleh DPRK Aceh Besar pada Tahun 2022 dan sudah bisa diterapkan pada semua sekolah di Aceh Besar untuk jenjang SD dan SMP, “ungkapnya.

“Untuk itu dukungan semua stakeholder pendidikan sangat dibutuhkan apalagi SMPN Ali Hasjmy ini sudah boarding school tentu saja waktu untuk siswa belajar menghafal Alquran lebih intensif, “pungkas Agus Jumaidi.

Sementara itu ketua komite sekolah, Akhi Fakrizan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang tiada terhingga atas jasa para guru yang telah memberi pendidikan terbaik kepada para siswa.

Akhi Fakriza meminta agar Pemda memberi perhatian penuh kepada SMP Negeri Ali Hasjmy yang tahun ini sebagai tahun perdana penerapan program boarding school,” tutupnya.(Cek Man/*)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top