lamurionline.com -- Jakarta -- Pimpinan Pusat Persaudaraan Muslimah (PP Salimah) melaksanakan launching Gerakan Nasional (Gernas) Salimah Tabungan Kurban 1445 H. Peluncuran secara resmi langsung dilakukan oleh Ketua Umum Salimah Etty Praktiknyowati pada Ahad (23/7/2023).

Peluncuran Gernas Tabungan Kurban dilaksanakan dalam rangkaian acara pekan koperasi Salimah yang mengangkat tema “Koperasi untuk Kesejahteraan Keluarga Indonesia”.

Menurut Ketua Departemen Ekonomi PP Salimah, Eko Sri Wahyuni, Gerakan Nasional Tabungan Kurban dimulai sejak 23 juli 2023 hingga 23 Mei 2024. Pengurus dan anggota Salimah diajak untuk menabung melalui Koperasi Syariah Serba Usaha Salimah (KOSSUMA).

Ia mengatakan, pada bulan haji tahun 2023, Salimah telah mendistribusikan sebanyak 392 sapi, 363 kambing, dan 13 kerbau kepada 44.475 masyarakat penerima manfaat.

"Pengumpulan kurban akan lebih baik jika dilakukan secara terencana. Karena itu, Salimah menggagas gerakan tabungan kurban melalui KOSSUMA. Saat ini Salimah telah memiliki 117 KOSSUMA," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Salimah, Etty Praktiknyowati, menjelaskan pentingnya peran koperasi bagi perekonomian keluarga.

Menurutnya, koperasi merupakan organisasi tolong-menolong sesama anggota untuk memenuhi kebutuhan anggota dan untuk mencapai kesejahteraan bersama. 

"Dengan KOSSUMA, kita memiliki kekuatan ekonomi yang terorganisir. Melalui ini akan terjadi akselerasi kemajuan ekonomi keluarga," tuturnya.

Etty menjelaskan, Salimah memiliki cita-cita besar untuk menjadikan keluarga Indonesia menjadi keluarga yang produktif dan kontributif. Hal ini bisa dicapai jika keluarga sudah sejahtera secara ekonomi.

"Hal yang sangat mendasar di keluarga adalah permasalahan ekonomi. Setelah masalah ekonomi selesai, diharapkan mereka mampu berkontribusi dan memiliki kekuatan untuk membantu orang lain," ungkapnya.

Melalui koperasi syariah, ia berharap, dapat meningkatkan kualitas ekonomi keluarga.

Acara peluncuran dilanjutkan dengan Sosialisasi Permenkop Nomor 8 Tahun 2023 yang disampaikan oleh Asisten Deputi Pembiayaan dan Perlindungan Koperasi Kementerian Koperasi dan UKM, Ari Gunawan.

Kegiatan yang digelar secara daring dihadiri oleh pengurus Salimah dari dalam dan luar negeri serta masyarakat umum. (Sayed M. Husen)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top