LAMURIONLINE.COM | BANDA ACEH - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Provinsi Aceh, menggelar Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Brigade Masjid. Acara yang digelar pada Minggu - Selasa (27-29 Agustus 2023) itu, diikuti 50 peserta dari unsur remaja masjid dan guru TKA/TPA se- Aceh.

Dengan mengusung tema, Membangun Kepempimpinan Umat dari Masjid Menuju Aceh Mulia, kegiatan itu dilaksanakan di Kompleks Masjid Syeikh Abdurrauf, Blang Oi, Banda Aceh. Acara ini dibuka langsung oleh Dr. Mulia Rahman, S. Pd. I, MA selaku Ketua Umum DPW BKPRMI Aceh.

Ketua DPW BKPRMI Aceh, Dr Mulia Rahman, S. Pd. I, MA berharap, dengan acara ini remaja masjid yang sudah menyelesaikan Diklatsar, akan betul-betul melaksanakan tugasnya dengan baik. Meski kegiatan diadakan tiga hari, para peserta diminta mengikuti semua materi dengan sepenuh hati dan serius. 

“Para peserta akan mendapat ilmu, dan ilmu itu bisa diterapkan di tengah masyarakat,” kata pria energik yang juga alumni LEMHANAS RI 2023 ini .

Lebih lanjut, Dr Mulia Rahman mengatakan, Diklatsar Brigade Masjid ini diciptakan tidak hanya untuk memakmurkan masjid, tetapi juga aktualisasi kepada masyarakat, salah satunya tanggap becana alam.

Menurut Mulia Rahman yang juga Calon anggota DPD RI, tujuan pelatihan ini untuk menyiapkan kader yang tangguh, cekatan, cerdas, dan tanggap saat ada event keagaman. Juga siap bela negara dari tantangan fakta dengan isu lokal maupun global. 

Dalam kegiatan itu, juga hadir sejumlah pemateri nasional, diantaranya Komandan Nasional Brigade Masjid, Komandan Provost serta wakil komandan nasional Brigade Masjid. Selain itu pemateri dari unsur TNI juga hadir di rangkaian pembukaan acara dan pengurus BKPRMI Aceh lainnya.



Dikaltsar ini juga digelar dalam rangka MILAD BKPRMI ke 46, juga pelantikan DPW BKPRMI Aceh pada 29 Agustus mendatang, direncanakan turut dihadiri DPP BKPRMI Habib H Said Aldi A Idrus SE yang akan melantik pengurus DPW Aceh. 

Adapun materi yang akan diajarkan antara lain Peraturan Baris Berbaris (PBB), karena materi tersebut sebagai wujud latihan fisik untuk menanamkan jiwa disiplin, tanggungjawab dan membentuk sikap dan perilaku muslim. 

Diharap, seluruh peserta lulus dan mengantongi sertifikat Diklatsar Brigmas, sehingga nantinya dapat memperkuat pengamanan terbuka di setiap masjid-masjid di Aceh

Liputan: Cek Abrar

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top