LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR – Kepala Bidang Pemberdayaan Sumber Daya dan Teknologi Tepat Guna (TTG) dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Aceh Besar, Sri Wahyuna SH MH, Senin (4/9) melakukan kunjungan kerja ke Gampong Riting, Indrapuri, Aceh Besar. Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk memperkuat program pemberdayaan desa melalui pengembangan teknologi tepat guna.

Posyantek Desa merupakan salah satu program unggulan dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas hidup masyarakat di wilayah pedesaan. Program ini bertujuan untuk membantu gampong dalam memanfaatkan teknologi modern untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan warganya.

Dalam kunjungannya, Sri Wahyuna didampingi oleh Kasi PMG Kecamatan Indrapuri, Hendra Saputra SE dan staff muspika, Keuchik, serta para Pendamping Desa (PD/PLD). Mereka secara bersama-sama mengunjungi Posyantek Desa yang baru terbentuk di Gampong Riting sekaligus meninjau langsung alat TTG berupa mesin pemecah buah kolang kaling (boh jok-red) dan mesin oven budidaya jamur tiram. Pada kesempatan itu, Sri Wahyuna dan tim turut mencicipi Janeng, sejenis umbi-umbian penganan olahan khas ibu-ibu Gampong Riting.


Sri Wahyuna sangat antusias melihat perkembangan Posyantek Desa ini. Ia menyampaikan, Posyantek Desa merupakan inovasi yang sangat penting untuk memajukan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di gampong. Dengan adanya akses ke teknologi, warga gampong dapat mengembangkan usaha mereka, memperoleh pengetahuan baru, dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Selama kunjungan, Sri Wahyuna juga berinteraksi langsung dengan warga terkait tupoksi dan program kerja pengurus Posyantek yang telah dibentuk. 







Kunjungan Kabid SD dan TTG ini diharapkan akan memperkuat komitmen Pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk terus mendukung pengembangan Posyantek Desa di seluruh wilayahnya. Program ini dianggap sebagai langkah konkret dalam mewujudkan visi pembangunan berkelanjutan di tingkat gampong dan mendorong terciptanya perekonomian yang lebih inklusif.

Kunjungan Sri Wahyuna ke Posyantek Desa ini menjadi salah satu langkah penting dalam upaya menciptakan gampong yang lebih maju dan mandiri secara teknologi, serta mengurangi kesenjangan antara wilayah perkotaan dan pedesaan. 

Sementara Keuchik Gampong Riting, Zakaria berharap melalui kunjungan ini Posyantek dan alat TTG Gampong Riting bisa ikut serta dalam Gelar Lomba TTG tahun  depan di Kabupaten Nagan Raya. Zakaria juga berupaya untuk mengoptimalkan penggunaan dana desa untuk kegiatan posyantek.

Liputan: Abrar
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top