LAMURIONLINE.COM I BANDA ACEH - Senat Mahasiswa (Sema) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Ar-Raniry Banda Aceh, sukses menggelar pelantikan bersama Organisasi Mahasiswa (Ormawa) se-Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) untuk Periode Tahun 2024 yang dilaksanakan di auditorium Prof. Ali Hasjmy  komplek UIN Ar-Raniry Banda Aceh, dengan tema "Reaktualisasi Semangat Ormawa Di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Yang Berintegritas Serta Berintelektual” Sabtu (24/2/2024).

Wakil Dekan III Dr. Sabirin, S.Sos.I., M.Si yang juga sebagai alumni Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) menceritakan rekam jejak FDK dalam berbagai untaian sejarah pergerakan mahasiswa, sebagai anak umat dan juga menyampaikan betapa pentingnya organisasi sebagai media pembelajaran, media pengabdian, media penguatan kapasitas diri dan media yang dapat mendukung proses peningkatan kualitas akademik mahasiswa dalam perkuliahan, berdasarkan pengalaman selama menjadi mahasiswa di Fakultas tersebut. 

Dr. Sabirin yang mewakili Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Prof. Dr. Kusmawati Hatta, M.Pd melantik Ormawa di lingkungan FDK. Dalam kesempatan itu juga hadir Wakil Dekan I Dr. Mahmuddin, M.Si Wakil Dekan II Dr. Fairus, MA serta para Ketua Prodi (Program Studi) dan Sekretaris Prodi Se-FDK. Dr. Sabirin dalam arahannya menyebutkan bahwa mahasiswa tidak boleh hanya sukses studi, namun juga harus sukses organisasi dan sebaliknya. Selanjutnya Sabirin menyatakan dalam berorganisasi ada etikanya yang harus dijaga, serta menjaga ukhwah islamiyah, persaudaraan sesama anak bangsa.

Pelantikan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Aceh. Dr. Muslem Yacob, S.Ag, M.Pd yang merupakan alumni Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, yang menyampaikan orasi kebangsaan dalam pelantikan tersebut. “Betapa pentingnya pergerakan mahasiswa hari ini, untuk berkontribusi dalam pembangunan Bangsa dan Negara ini, khususnya bagi generasi milenial Aceh,” ungkap Muslem Yacob. 

Ketua panitia Firaz Al-Faiz dalam laporannya menyampaikan bahwa pelantikan bersama ormawa Se-FDK diikuti 5 (lima) Ormawa dan satu (1) Komunitas Film Tring yang ada di lingkungan FDK. 

“Ini adalah aktualisasi dari semangat kerja sama mahasiswa FDK itu sendiri, kekompakan teman-teman semua,” ungkap Firaz. Jumlah keseluruhan peserta pelantikan, tamu (termasuk para alumni FDK) yang berhadir mencapain 600 orang.

Jihan Magfirah Silwin selaku ketua umum Sema FDK (yang dilantik) menyampaikan bahwa pelantikan dengan konsep sidang adalah sesuatu yang baru bagi beberapa mahasiswa peserta pelantikan, yang dimulai dengan pembacaan surat keputusan (SK) oleh presidium siding, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada demisioner, yang dilanjutkan dengan ikrar sumpah pengurus Ormawa. Sebelum kegiatan berakhir dilanjutkan dengan orasi oleh para ketua lembaga ormawa yang telah dilantik. Ini menjadi momentum sakral bagi keberlanjutan organisasi kemahasiswaan di FDK. Jihan selaku penanggung jawab umum proses pelantikan ini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat sehingga terlaksananya kegiatan pelantikan ini secara baik dan lancar.

 Srikandi Sema-Dema FDK 

Pelantikan Ormawa FDK tahun 2024 ini menjadi sangat menarik, karena setidaknya dalam 30 tahun terakhir baru kali ini Sema-Dema FDK dipimpin oleh 2 srikandi (perempuan-perempuan perkasa) yaitu Senat Mahasiswa Fakultas (SEMA F) dipimpin Jihan Maghfirah Silwin, dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA F) dipimpin Syifa Sundari.


Selain pelantikan Sema dan Dema FDK, juga dilantik pimpinan Ormawa di tingkat Prodi dan Komunitas Film Tring. Para Ketua dan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) masing-masing yaitu dari Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Ilham Setiawan dan Rahmatal Riza, dari Manajemen Dakwah (MD) Dicky Cahya Admaja, dan Muhammad Wahyu Siregar, dari Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Sulthan Kemal, dan Geri Hasbullah, dari Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) Masithah Intan Khairina, dan Baitul Muk Arif, dan dari Kesejahteraan Sosial (Kesos) Adlin Minosra, dan Sahidi G.

Dengan telah selesainya pelantikan ini, kelembagaan Ormawa di FDK dapat semakin kreatif, inovatif, dan adaptif, serta mampu berkolaborasi dengan lembaga lainnya baik di lingkungan FDK maupun di luar, demi FDK yang lebih baik kedepannya.*

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top