Organisasi adalah salah satu wadah awal untuk belajar dan proses mengembangkan diri menuju kesuksesan dan dasar-dasar kepemimpinan. Kita semua calon pemimpin minimal dalam rumah tangga, lingkungan kehidupan sehari-hari bagaimana kita mampu beradaptasi dengan masyarakat sekitar, bagaimana kita mampu mengajak dan merangkul rekan-rekan sejawat dalam menghadirkan diri kita untuk jadi insan yang bertanggung jawab terutama kepada diri sendiri.

Bagi Fakrizan, S.Pd yang biasa disapa Akhi Fakri mengenal organisasi itu sangat berarti sudah sejak duduk di kelas 2 SMP Indrapuri, menjabat jadi wakil sekretaris di kala itu. Kemudian ilmu organisasi ini seiring waktu berjalan di SMA Indrapuri juga mendalami lagi makna organisasi di kala itu dirinya menjabat Wakil ketua OSIS, ternyata banyak sekali ilmu, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam berorganisasi tersebut. Dari SMA sudah mulai aktif di sebuah organisasi paguyuban kemasyarakatan yakni Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Indrapuri (IPPEMINDRA), dulu masih bergabung dengan Kuta Cot Glie sebelum terbentuknya satu salah kecamatan baru di Aceh Besar. "Dulu bila ada acara kita tidak seperti sekarang untuk menyampaikan sebuah informasi atau ada rapat, kini mudah tinggal kirim ke WhatsApp, tapi masa era itu ketik undangan dengan mesin ketik awalnya lalu kami antar sampai kepelosok-pelosok desa sampai Siron, Maheng dan daerah pelosok lainnya," kenang Akhi Fakhri yang juga Pendiri Bimbel Education Center Of Aceh (ECA) ini.

Organisasi itu ibarat Pacar atau kekasih bagi Akhi Fakri karena sebutnya, susah untuk lepas dari karakter jiwa kebersamaan dari dulu sampai sekarang, ia terlihat masih aktif walau tidak seperti dulu padahal umur sudah 46 tahun, telah berumah tangga, memiliki anak 3 yang nantinya mereka adalah calon penerus jiwa organisator sang ayah.

Apa manfaat berorganisasi, disini Akhi Fakhri membahas 4 saja dari 10 mamfaatnya, yaitu, memperluas pergaulan, meningkatkan wawasan/pengetahuan, membentuk pola pikir yang lebih baik dan melatih jiwa leadership.

Selanjutnya Akhi Fakhri mengutarakan lima alasan kenapa suka berorganidasi, pertama menambah pengalaman, kedua meningkatkan kemampuan sosial, ketiga menghadirkan dan menambah jaringan, keempat meningkatkan kepercayaan diri (PD) dan kelima belajar manajemen waktu.

Emang apa sih pentingnya organisasi itu?

Masih menurut Akhi, organisasi ini memiliki peran penting dalam berkehidupan sosial kemasyarakatan. Dengan ada berorganisasi maka mental seseorang itu akan terbentuk secara bertahap-tahap dan menjadi sebuah buku memori dalam melatih diri, rata-rata orang yang benar serius aktif dalam organisasi itu banyak yang sukses, walau terkadang sebagian dalam sebuah perjuangan itu kita dihadapkan dengan banyak problem yang menantang. "Bagi Akhi, tantangan itu kita anggap ibarat sebagai sahabat yang selalu hadir di samping mengiringi langkah-langkah perjuangan dan kita lihat tetap menjadi individu  yang mandiri" demikian tutup Akhi Fakri.

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top