lamurionline.com -- Aceh Utara - Selasa, 02 April 2024 bertempat di Masjid Jami’ Al Falah Desa Keulilee Kecamatan Nibong, INSANI tutup acara Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK) Ke-I.

Kegiatan MQK Ke-I INSANI yang dilaksanakan selama dua hari 1-2 April di Aula Kantor Camat Kecamatan Nibong Aceh Utara telah usai. 

Santri yang berkompetisi pada MQK ini merupakan santri terbaik setelah melalui tahap seleksi mewakili beberapa organisasi santri di Aceh Utara antara lain dari Aliansi Santri Antar Dayah (ASAD) Lhoksukon, Ikatan Santri Syamtalira Bayu (IKSABA), Ikatan Santri Sawang (IKSAS), Ikatan Santri dan Alumni Samudera (ISADASA), Ikatan Santri Lapang (ISALA), Ikatan Santri Baktiya Barat (ISBAT), Ikatan Santri Simpang Keramat (ISKAT), NAHDHATUL THULLAB Tanah Pasir, Rabithah Santri Paya Bakong RASAPA, Rabithah Thalabah Nisam (RATHANI) dan INSANI.

Adapun Kitab yang diperlombakan pada MQK kali ini ialah Fathul Qarib karya Imam Ibnu Qasim al-Ghazi, sebuah kitab yang cukup populer dikalangan santri dan dipelajari hampir di seluruh lembaga pendidikan dayah di Aceh.

Diawali agenda berbuka puasa bersama para peserta lomba, pengurus INSANI dan Masyarakat setempat dilanjutkan salat tarawih, acara persemian INSANI dan Penutupan Kegiatan MQK dimulai usai tarawih. Turut hadir Camat Nibong Rizky Rasmana Hanafiah, S. IP. M. Si, alim ulama, tokoh masyakarat dan tamu undangan lainnya.

Acara dibuka dengan Pembacaan Ayat Suci Al- Qur’an, dilanjutkan dengan pengumuman dan pembagian hadiah kepada sang juara lomba, dilanjutkan peresmian organisasi Ikatan Santri kecamatan Nibong sekaligus penyerahan bendera INSANI sebagai simbolis oleh Bapak Camat kepada ketua INSANI terpilih Tgk. Muammar, M.Ag serta tepung tawar segenap pengurus INSANI oleh Abi M.H Rasyid Abu Imum Syiek Masjid Besar Kec Nibong. 

Acara yang berkah dan berlangsung penuh khidmah ini ditutup dengan tausiah dan doa oleh Abi Nasruddin Peunteut, Pimpinan Dayah Riyadhatul Qulub Peunteut Lhokseumawe.


Laporan Berita : Hamdani Mulya

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top