Dayah Terbuka Daulatul Ulumam Tgk. Chik Di Pangoe tidak jauh dari pusat Kota Jantho Aceh Besar, Ramadhan ke-25 tepatnya Selasa ( 1 4 / 0 8 / 2 0 1 2 ) Re d a k s i L a m u r i diundang khusus untuk menghadiri Buka Puasa Bersama yang diadakan perdana di Dayah tersebut. Redaksi L a m u r i j u g a b e r k e s e m p a t a n wawancara dengan ketua Panitia Pelaksana Buka Puasa Bersama Tgk. Rasyidi sekaligus mengangkat profil dayah yang baru tiga tahun berdiri ini. Dayah Terbuka Daulatul Ulumam Tgk. Chik Di Pangoe berada di Gampong Cucum, Jantho, Aceh Besar. 
Menurut Tgk. Rasyidi Dayah ini berdiri sejak Juni 2010, didirikan oleh Abon Hamdani. Abon Hamdani sendiri berasal dari Lueng Putu dan beliau menuntut ilmu agama di Teupin Raya, Pidie. Tgk. Rasyidi dan dua orang santri lainnya merupakan santri pertama di Dayah tersebut. Sekarang Dayah tersebut sudah mempunyai sekitar 60 orang santri dan 15 diantaranya merupakan Santriwati. Santri dayah tersebut berasal dari berbagai daerah di Aceh Besar dan luar Aceh Besar. Menurut Rasyidi Dayah tersebut pernah mengalami musibah berupa terpaan angin badai sehingga menyebabkan bilik santri mengalami kerusakan yang cukup parah. Namun berkat bantuan dari DPR dayah tersebut direnovasi kembali sehingga kembali aktif hingga sekarang. 
Dayah ini juga sudah memiliki Mushalla yang digunakan untuk Shalat berjama'ah dan pertemuan para santri di samping adanya sebuah balee beut untuk kegiatan pengajian santri. Bertepatan dengan acara Buka Puasa Bersama, juga di diperkenalkan Kelompok Zikir yang baru saja dibentuk. Tu j u a n d a r i p e m b e n t u k a n kelompok zikir ini adalah untuk mengarahkan para santri dan masyarakat untuk selalu berzikir sebagai upaya mensyukuri segala nikmat Allah, baik berupa nikmat kesehatan dan kemaslahatan bagi masyarakat dan untuk menjauhkan segala mara bahaya bagi masyarakat sekitar. Kelompok Zikir ini dipimpin dan dibina langsung oleh Abon Hamdani. Ke depan pemerintah Kabupaten maupun Provinsi bisa memberikan perhatian bagi perkembangan Dayah yang baru ini agar anak-anak yang ada di berbagai daerah bisa menimba ilmu a g a m a d e n g a n b a i k u n t u k kemaslahatan bangsa dan Negara, harapnya.
SHARE :
 
Top