Loading...


MEMBACA buku motivasi atau self-help book ternyata benar-benar ampuh untuk meredakan depresi. Penelitian menemukan bahwa pasien yang membaca buku motivasi memiliki tingkat depresi yang lebih rendah setelah empat bulan. Uniknya, membaca buku motivasi juga bisa mencegah rasa depresi datang kembali.
Temuan ini didapatkan oleh peneliti di University of Glasgow setelah mengamati 200 pasien yang didiagnosis depresi. Setengah dari mereka mengonsumsi obat anti-depresi dan beberapa diberikan buku motivasi.
Buku tersebut berisi cara untuk meredakan depresi dan mengatasi depresi dari berbagai macam aspek, misalkan masalah tidur.
Buku yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada prinsip terapi kognitif dan perilaku yang biasanya digunakan dalam terapi depresi oleh psikiater. Buku ini memang telah direkomendasikan oleh National Insitute for Health and Clinical Excellence (NICE) untuk mengatasi depresi.
Hasilnya, setelah empat bulan membaca buku ini pasien mengalami penurunan tingkat depresi dan memiliki mood yang semakin membaik, seperti dilansir oleh Daily Mail 28 Januari 2013.
Penemuan ini tentu sangat menarik dan bermanfaat bagi mereka yang mencari cara untuk mengatasi depresi tanpa obat. Meski tidak menggunakan buku yang direkomendasikan peneliti, namun tak ada salahnya menggunakan buku motivasi lain untuk meredakan depresi.[] sumber : merdeka
SHARE :
 
Top