GADIS berpenampilan sederhana itu bernama Ulfa Hidayati. Umurnya 23 tahun. Ia anak kedua dari pasangan Ardinal Syah dan Sakdiah yang bekerja sebagai petani kopi di Ujung Gele Kecamatan Silih Nara, Aceh Tengah.
Ulfa merupakan perwakilan Aceh Tengah dalam program "Srikandi, Inspirasi Bagi Negeri". Ini sebuah kegiatan yang digagas komunitas Bike-to-Work Indonesia.
Ia akan bergabung dengan 20 orang "Srikandi" lainnya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka akan mengayuh sepeda sejauh 1.409 kilometer pada 5 April 2013 mendatang dari Banda Aceh menuju Padang, Sumatera Barat.
Bersama rekan-rekannya, Ulfa akan melalui 21 kota dan diperkirakan tiba di Padang pada 20 April 2013, kemudian mengikuti perayaan Hari Kartini pada keesokan harinya.
Menurut Ulfa, sepeda bukanlah barang asing baginya. Peraih medali emas cabang Mountain Bike pada Pekan Olah Raga Daerah di Bireuen 2010 lalu, telah akrab dengan sepeda sejak sekolah dasar. Sehari-hari ia menempuh perjalanan sejauh 10 kilometer untuk menuju ke sekolah.
Ketika ditanya kesiapannya untuk mengikuti event itu, Ulfa mengatakan akan berupaya optimal. "Saya bersepeda bukan hanya membawa nama pribadi, tapi juga nama daerah, jadi harus kuat", ujarnya usai bertemu Bupati Aceh Tengah Nasaruddin, di pendopo, Selasa 2 April 2013.
Bupati Nasaruddin menilai positif kegiatan yang akan diikuti Ulfa. "Kita harapkan, Ulfa dapat menjadi duta untuk mempromosikan daerah," ujarnya.
Sekretaris Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Aceh Tengah, Khalisuddin mengatakan program "Srikandi, Inspirasi Bagi Negeri" yang digelar tahun ini merupakan jilid tiga. Kegiatan ini telah dimulai sejak 2011.
Para peserta berasal Aceh 2 orang, Padang 2 orang, dan Lampung dua orang. Lalu wilayah Jabodetabek sebanyak sembilan orang, sisanya dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, Bali dan Lombok, masing-masing satu orang peserta.[]

- See more at: http://www.atjehpost.com/gaminong_read/2013/04/02/46305/48/6/Ulfa-Hidayati-Srikandi-Gayo-pengayuh-sepeda-sejauh-1.409-kilometer#sthash.7fA6JHYR.dpuf
SHARE :
 
Top