M o d e l - M o d e l P e n d i d i k a n Alternatif di Berbagai Negara (5) 

Pembaca sekalian, kali ini kita akan melihat dua buah contoh sekolah alternatif untuk anak-anak yang kurang beruntung (baca: bermasalah). Mereka yang belajar di sekolah ini adalah anakanak yang dikeluarkan dari sekolah biasa atau tidak diterima belajar bersama dengan anak-anak lain karena dianggap punya masalah. Dua sekolah tersebut bernama Prairie Alternative High School dan The Twilight Academy. 

Prairie Alternative High School 

Sekolah Menengah Atas Prairie Alternative yang berada di Amerika Serikat ini terdiri dari beragam latar belakang murid. 60% diantara mereka adalah non-Amerika. Di sekolah ini 70% murid mendapatkan subsidi makan siang gratis. Sekolah ini di dirikan sekitar 25 t a h u n y a n g l a l u d e n g a n t u j u a n memberikan pelayanan kepada murid yang bermasalah. Mereka semua adalah murid yang tidak berhasil di sekolah biasa. 

Misi dari sekolah ini adalah “To provide identified students an alternative opportunity to continue to earn academic credit in a structured school environment” ( m e m b e r i k a n m u r i d - m u r i d y a n g bermasalah sebuah kesempatan alternatif untuk melanjutkan pencapaian kredit akademis dalam sebuah lingkungan sekolah yang terstruktur). 

Seiring dengan perkembangan zaman dan dengan adanya bantuan program pemerintah daerah seperti All Can Achieve Innovative Programs (ACAIP – Semua Bisa Memperoleh Program Inofatif) dan Pre-Natal Through High School Graduation (Tamat Sekolah Sebelum Lahir Sampai Sekolah Tinggi), sekolah ini telah menjadi sebuah sekolah model dengan fasilitas yang mewah. 

B a n y a k t a n g g a p a n t e n t a n g perkembangan sekolah ini baik yang positif maupun yang negatif. Diantara hal-hal positif adalah: (a) Sekolah ini telah mengubah gambaran sekolah alternatif sebagai tempat pembuangan anak-anak bermasalah menjadi lebih baik sehingga pengaduan masyarakat pun terhadap mereka berkurang; (b) Semua murid suka dengan sekolah alternatif ini, bahkan lebih dari rumah mereka sendiri, dan mereka ingin menyelesaikan sekolah sampai tamat karena lingkungannya yang penuh kepedulian dari guru dan juga murid; dan (c) Banyak murid yang ingin melanjutkan pendidikan mereka ke universitas untuk menggapai mimpi, harapan, dan cita-cita mereka, karena sekolah ini memberikan program yang sesuai untuk masing-masing murid dalam hal pemulihan kredit akademis, bimbingan belajar dan training pekerjaan. 

Sebaliknya ada juga ketidakpuasan dalam pengelolaan sekolah ini, yaitu: (a) Para siswa dan guru tidak puas dengan fasilitas baru yang mewah karena hal tersebut membuat sekolah ini menjadi seperti “sekolah” biasa, ruangannya terlalu besar dan programnya terlalu banyak; dan (b) Para guru merasa tidak nyaman dengan anggapan dari pemerintah bahwa sekolah ini lebih rendah dari sekolah normal sehingga kurang mendapat perhatian khususnya dalam hal pengembangan profesionalitas guru (Kim & Taylor, 2008). 

The Twilight Academy

 The Twilight Academy merupakan sebuah program pendidikan alternatif yang dijalankan sebuah Sekolah Menengah Atas di daerah Selatan Pennsylvania. Sekolah ini di khususkan untuk murid-murid yang tidak berhasil di sekolah biasa. Saat ini ada sekitar 60 orang murid bermasalah tingkat 9- 12 yang belajar di sini. Yang membedakannya dari sekolah biasa adalah adanya program untuk m e m p e r h a t i k a n l e b i h s e t i a p individu murid dan fokus kepada kemampuan unik mereka yang berbeda-beda. 

D i Tw i l i g h t A c a d e m y, sebuah kurikulum pengajaran yang efektif itu harus memenuhi 4 komponen utama, yaitu: (1) K u r i k u l u m t e r b u k a d a n dikembangkan dengan baik, (2) Menggunakan program computer dan software untuk membantu pengembangan kurikulum, (3) Unit-unit pelajaran yang bisa di aplikasikan di dunia nyata dan b e r m a n f a a t , ( 4 ) G u r u y a n g mendukung sepenuhnya program p e n g a j a r a n ( D ' A n g e l o a n d Zamanick, 2009). 

Bibliography: 
Kim, J-H., Taylor, K.A. (2008). Rethinking alternative education to break the cycle of educational inequality and i n e q u i t y. J o u r n a l o f Educational Research, 101(4), 207-219. 

D'Angelo, F., Zemanick, R. (2009). The Twilight Academy: An a l t e r n a t i v e e d u c a t i o n p r o g r a m t h a t w o r k s . Preventing School Failure, 53(4), 211-218. 

Malaysia (June 2, 2013/2:45 p.m. © akhi)
SHARE :
 
Top