Report by : Musfiratul 

Pelajar dari Sekolah Menengah Sains Tengku Muhammad Faris Petra(SMSTMFP) Kelantan, Malaysia berkunjung ke SMAN Unggul Ali Hasjmy Indrapuri Kabupaten Aceh Besar, Jum’at 14 Juni 2013 dengan mengadakan Program Perkongsian Pendidikan. SMAN Unggul Ali Hasjmy menyambut kedatangan rombongan SMSTMFP yang tiba pada pukul 15.30 dengan mempersembahkan Tarian Ranup Lampuan dari sanggar Ali Hasjmy dan sekaligus menjamu untuk makan siang hingga waktu Ashar. Usai shalat ashar, acara tersebut dibuka dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh siswi SMAN Unggul Ali Hasjmy. Pengetua dari Program Perkongsian Pendidikan ini yang diwakili oleh Hj. Wan Faizah mengatakan dalam kata-kata sambutannya bahwa SMSTMFP telah merancang beberapa program pengantarabangsaan untuk memenuhi kalender pengantarabangsaan 2013. 

Program pengantarabangsaan tersebut merupakan sebahagian daripada komponen Sekolah Berprestasi Tinggi, yaitu dengan mengadakan hubungan jaringan dan jalinan dengan sekolah-sekolah di luar Negara yang dapat memberi manfaat kepada warga sekolah dalam kalangan guru dan pelajar. Oleh karena itu, melalui program ini bersama mahasiswa perubatan Universiti Sains Malaysia(USM), SMSTMFP ingin meluaskan jaringan antarbangsa dengan membina kerjasama dengan SMAN Unggul Ali Hasjmy sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi sekolah. Rombongan dari Kelantan ini terdiri atas 24 orang pelajar SMSTMFP, 15 orang guru SMSTMFP, disertai 2 orang Pegawai Perubatan dan 4 orang mahasiswa USM Kubang Kerian, Kota Bharu, Kelantan. Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu Perkongsian Pendidikan Sejarah, Geografi, dan Pendidikan Agama Islam oeh pelajar SMSTMFP yang diperuntukkan untuk siswa/I kelas X dan untuk siswa/I Kelas XI SMAN Unggul Ali Hasjmy dilakukan Khitmat Kesihatan oleh mahasiswa USM dengan mendemonstrasikan cuci tangan dengan 7 langkah dan pada Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan(P3K). Kunjungan ini juga berlanjut hingga malam hari sekaligus untuk memperingati isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW. Dalam acara ini juga ditampilkan berbagai jenis bakat seni diantaranya persembahan teaterikal, Syarhil Qur’an, musikalisasi puisi dan shalawat dari SMAN Unggul Ali Hasjmy. 

Disamping itu, pelajar SMSTMFP juga ikut tampil mersembahkan nasyid dengan 3 lagu salah satunya tentang tsunami di Aceh. Dihadiri pula Tgk H. Masrul Aidi Pimpinan Pondok Pesantren Babul Maghfirah Cot Keueng untuk mengisi ceramah isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW. Dan ditutup dengan acara penyerahan cendera mata dari SMAN Unggul Ali Hasjmy ke Sekolah Menengah Sains Tengku Muhammad Faris Petra. Selain itu, rombongan SMSTMFP juga memberikan sumbangan untuk santunan anak yatim dan piatu SMAN Unggul Ali Hasjmy dan bantuan berupa pakaian layak pakai serta layanan pemeriksaan kesehatan sekaligus pengobatan gratis kepada masyarakat tak mampu di sekitar SMAN Unggul Ali Hasjmy. Melalui Momentum Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Dan kunjungan dari rombongan Sekolah Menengah Sains Tengku Muhammad Faris Petra Kelantan, Malaysia ke Komplek SMAN Unggul Ali Hasjmy Indrapuri kabupaten Aceh Besar, diharapkan dapat kita jadikan hikmah pembelajaran dari kedua perjalanan untuk mewujudkan “hablumminannas wa hablum minallah”.
SHARE :
 
Top