Adv

Adv


Lamurionline.com--Beijing - Seperti apa kemampuan kamera 100 megapixel? Sementara kita masih membayangkannya, para ilmuwan di Chinese Academy of Sciences (CAS) telah berhasil mengembangkan kamera dengan kemampuan monster ini.

"Ini menjadi kamera buatan China dengan pixel tertinggi," klaim tim CAS dalam keterangannya yang dikutip detikINET dari lansiran China Daily, Jumat (11/7/2013). dan Lamurionline.com kutip lagi dari detikINET.

IOE3-Kanban, demikian nama kamera tersebut, dikembangkan oleh divisi Institute of Optics and Electronics CAS. Dengan megapixel yang besar, IOE3-Kanban bisa menghasilkan foto 10.240 x 10.240 pixel.

Meski demikian, kamera ini memiliki body yang tipis dan ringan. Bisa digunakan pada suhu antara minus 20 derajat celcius hingga 55 derajat celcius, IOE3-Kanban diklaim memiliki sensitivitas tinggi.

Dibenamkan pula kemampuan high dynamic range (HDR), sehingga kamera ini bisa digunakan untuk pencitraan beresolusi tinggi melalui pemetaan udara, perencanaan kota, pemantauan bencana, dan sistem transportasi pintar.

"Kamera dilengkapi sistem optik canggih, sistem kontrol kamera, dan sistem perekaman data berkapasitas tinggi," tulis CAS.

Dalam pengujian untuk kepentingan sistem pencitraan udara jarak jauh, kamera ini diklaim terbukti sukses. Namun tidak ada keterangan kapan teknologi ini dipasarkan. Yang jelas CAS akan terus mengembangkan kemampuan kameranya agar menjadi lebih canggih.

(rns/rou)
SHARE :
 
Top