Lamurionline.com--KOTA JANTHO – Rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-68 di Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (17/8/2013) berlangsung sukses, lancar, dan khidmat. Untuk tingkat kabupaten, kegiatan tersebut berlangsung di Lapangan Bungong Jeumpa Kota Jantho dengan inspektur upacara Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah. Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Aceh Besar Drs H Syamsulrizal MKes, Sekdakab Drs H Jailani Ahmad MM, unsur Muspida Aceh Besar, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Bupati, mantan Pj Bupati, kepala SKPK, tokoh masyarakat, organisasi wanita dan kepemudaan, PNS, dan para pelajar. 

Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM juga menjelaskan, peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-68 di Aceh Besar juga berlangsung serentak di 23 kecamatan di wilayah tersebut. Untuk tingkat kecamatan, bertindak selaku inspektur upacara camat di wilayah kerja masing-masing. Acara tersebut juga dihadiri unsur Muspika, para PNS, aparatur gampong, tokoh masyarakat, dan para pemuda. 


Menjelang peringatan detik-detik Proklamasi RI, unsur Muspida Aceh Besar, Kepala SKPK, Muspika Indrapuri, dan tokoh-tokoh masyarakat melakukan doa, ziarah dan tabur bunga ke makam pahlawan nasional Tgk Chik Ditiro di Gampong Meureu, Kecamatan Indrapuri, Sabtu (17/8) pukul 07.00 WIB. Kegiatan ziarah ini mendapat perhatian serius dari masyarakat Indrapuri yang berada di sepanjang jalan yang dilalui rombongan Muspida dan tokoh-tokoh masyarakat tersebut. Usai ziarah, rombongan meluncur ke Kota Jantho untuk bersiap-siap melaksanakan puncak HUT RI Ke-68 tingkat Kabupaten Aceh Besar. 

Untuk tingkat Kabupaten Aceh Besar, bertindak selaku perwira upacara kegiatan HUT RI Ke-68 di Lapangan Bungong Jeumpa Kota Jantho adalah Lettu Kuswara. Sedangkan pembacaan teks Proklamasi dibacakan Wakil Ketua DPRK Sulaiman Ali dan doa dipimpin oleh Kakanmenag Aceh Besar Drs H Shalahuddin MPd. Dalam kegiatan tersebut, tugas yang sangat baik juga diperlihatkan oleh pasukan Paskibraka yang direkrut dari sejumlah SMA di berbagai kecamatan tersebut. Puluhan siswa dan siswi pilihan itu menjalankan tugas sangat memuaskan. Sedangkan upacara penurunan bendera Merah Putih HUT Proklamasi RI Ke-68 tingkat Kabupaten Aceh Besar dipimpin oleh Wakil Bupati Drs H Syamsulrizal MKes. Pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI di Aceh Besar diakhiri dengan malam resepsi yang berlangsung di Meuligo Bupati, Jumat (17/8) malam. 

Setelah memimpin HUT Kemerdekaan RI Ke-68, Bupati Aceh Besar beserta unsur Muspida, dan kepala SKPK menghadiri kegiatan pemberian remisi kepada 79 orang narapidana yang berada di Rumah Tahanan Negara Klas IIB Jantho. Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan cenderamata dan uang transpor kepada 9 penghuni rumah tahanan tersebut yang kembali menghirup udara bebas. Dalam laporannya, Kepala Rutan Negara Klas IIB Jantho, Drs Said Mahdar SH menjelaskan, narapidana yang mendapat remisi sebanyak 79 orang. Di samping pembinaan narapidana dalam bentuk pemberian remisi, jelasnya, proses pembinaan terhadap warga binaan pemasyarakatan juga dilakukan dengan mengaktifkan kegiatan keagamaan, pertanian, dan bidang bengkel produktif. “Kepada Pemkab Aceh Besar kami sampaikan ucapan terima kasih penghormatan, dan penghargaan atas dukungan dan kerjasama selama ini,” katanya. (Hrm)
SHARE :
 
Top