Lamurionline.com--BANDA ACEH - Panglima Komando Iskandar Muda Mayjen TNI Pandu Wibowo mengatakan kondisi Aceh secara umum menjelang pemilu legislatif 2014 aman dan kondusif.

"Keamanan secara umum sangat kondusif dan baik. Mudah-mudahan kondisi kondusif ini bisa terus dipertahankan dengan baik," kata Mayjen TNI Pandu Wibowo di Banda Aceh, Sabtu.

Ia mengatakan, pengamanan pemilu tahun depan merupakan wewenang kepolisian. TNI hanya mendukung tugas kepolisian dan siap membantu jika diminta.

"Tentunya, kepolisian yang mengatur pengamanan pemilu. Kalau kepolisian meminta bantuan, tentu TNI akan memberikannya. Kami siap membantu jika dibutuhkan," kata dia.

Menyangkut kebutuhan personel dalam dukungan pengamanan, Mayjen TNI Pandu Wibowo mengatakan, Kodam Iskandar Muda tetap mengandalkan pasukan yang ada dan meminta tambahan personel.

Namun begitu, lanjut jenderal berbintang dua tersebut, ketersediaan pasukan TNI yang ada di Aceh tersebut akan disesuaikan kondisi dan kebutuhan di lapangan.

"Karena itu, kami mengajak seluruh elemen masyarakat Aceh ikut bersama TNI mempertahankan dan menjaga keamanan yang baik tersebut," ujar Pangdam Iskandar Muda.

Selain itu, Pangdam Iskandar Muda mengingatkan jajarannya untuk tetap menjaga netralitas TNI di Aceh pada pemilu legislatif mendatang. Netralitas TNI sudah dibuktikan pada pemilu sebelumnya.

"Tentara di Aceh harus tetap netral, tidak berpihak ke sama kemari. Jika ada oknum tentara yang terbukti berpihak, tentu akan mendapat sanksi sesuai perundang-undangan yang berlaku," kata Mayjen TNI Pandu Wibowo.(Republika.coi.id)
SHARE :
 
Top