ads1

Oleh : Ahmad Faizuddin, M.Ed 

Model-Model Pendidikan Alternatif di Berbagai Negara (12) 

Central Park East Schools (Bagian Keempat) 

Pada bagian yang lalu Penulis telah menceritakan tentang suasana studio classes (kelas studio), outdoor time (aktivitas diluar), dan c a m p i n g (berkemah). Sekarang mari kita lihat bagaimana assessment (penilaian) di Central Park East Schools dilakukan. 

Assessment – Sekolah memantau secara berkala perkembangan belajar anak dengan dua standard, yaitu pertumbuhan individu anak dan kesesuaian tingkat kelasnya. Setiap tahun diadakan dua kali pertemuan keluarga (family conferences) pada bulan Maret dan November. Laporan perkembangan belajar anak dikirimkan ke orang tua setiap bulan February dan Juni. Selain itu sekolah juga menjaga hubungan rapat dengan cara menelpon keluarga atau mengadakan pertemuan tambahan di sekolah. Bahkan para guru bersedia untuk mendiskusikan tentang perkambangan belajar anak kapan saja dengan orang tua. 

Pada permulaan tingkat tiga, anak a n a k a k a n mengambil tes p e n y e t a r a a n (standardized test) New York State. Sejak taman kanak-kanak, New York City mewajibkan para guru untuk menerapkan ECLAS (Early Childhood Literacy Assessment System – Sistem Pemantauan Melek-Huruf Dini). Guru di sekolah CPES menghindari latihan dan hafalan untuk lulus ujian saja. Tujuan utama pengajaran supaya anak mempunyai pengalaman yang mendalam dalam berbahasa dan kemahiran matematika. Diatas segalanya, tujuan pengajaran adalah supaya anak mencintai belajar. Oleh karena itu, yang dipersiapkan oleh guru sebelum ujian adalah kemahiran mengerjakan ujian, bukan menghafal materi ujian. 

Diantara syarat kelulusan siswa adalah mereka menuliskan refleksi selama belajar di CPES. Ada juga presentasi menulis dan berbicara tentang proyek sesuai dengan ketertarikan masing-masing. Setiap siswa juga diwajibkan untuk menuliskan sebuah paper tentang perkembangan pribadi sebagai seorang anggota masyarakat. S e l a i n i t u m e r e k a j u g a a k a n mengembangkan refleksi tentang sebuah literature bebas. 

Sekolah CPES menggunakan banyak format assessment karena mereka percaya bahwa pengetahuan, keahlian dan pemahaman anak tidak dapat diukur dengan jumlah angka saja. Ujian penyetaraan adalah salah satu aspek saja. Adapun yang lainnya adalah pengetahuan yang di dapatkan dari laporan proses review (descriptive review process), pembelajaran berdasarkan kumpulankumpulan tugas anak, running records (metode assessment tingkat bacaan anak dengan menguji ketepatan dan jenis kesalahan yang dibuat), assessment ECLAS, dan narrative reports (laporan acara kegiatan, detail dan keterangannya. Biasanya menjelaskan siapa, apa, dimana, mengapa dan bagaimana). 

Hasilnya akan dibagikan kepada para orang tua pada konferensi keluarga. Assessment tersebut bersama dengan hasil ujian penyetaraan akan memudahkan untuk mengidentifikasi anak yang memerlukan bantuan khusus, dan bisa merencanakan pengajaran yang sesuai untuknya. Para staff juga menggunakan system assessment yang sama untuk kinerja mereka. (Bersambung) 

Bibliography: 

Apple, M. W., Beane, J. A. (Eds.). (1995). Democratic schools. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD). 

Central Park East 1 Elementary School. Retrieved October 12, 2013 from http://www.centralparkeastone.org. 

Central Park East II Elementary School. Retrieved October 12, 2013 from http://www.cpe2.org. © Akhi, 2013 – Gombak: December 25th, 9:30 p.m.
SHARE :
 
Top